Sleman (MAN 2 Sleman)-
“Madrasah mandiri berprestasi adalah madrasah yang memiliki kemandirian berfikir, berkreasi, berinovasi dalam mengelola madrasah, sehingga dapat mencapai puncak prestasi madrasah, bahwa kurikulum merdeka fokus pembelajaran berpusat pada siswa, madrasah betul-betul memahami karakter dari siswa,” lanjutnya.
Lebih lanjut, Anita menyampaikan dalam pedoman Implementasi Kurikulum merdeka pada madrasah, ada dua hal yaitu pemerintah menetapkan kurikulum minimum, prinsip pembelajaran dan asesmen, madrasah dapat mengembangkan program dan kegiatan tambahan sesuai visi, misi dan sumber daya yang tersedia serta madrasah dan pendidik memiliki keleluasaan untuk mengorganisasikan pembelajaran sesuai kebutuhan siswa dan konteks lokal.
Anita juga menyampaikan prinsip pengembangan kurikulum operasional di madrasah antara lain berpusat pada peserta didik, kontekstual, esensial, akuntabel, melibatkan berbagai pemangku kepentingan serta pemerataan dan peningkatan mutu.
Di akhir sesi materi, terjalin komunikasi aktif, beberapa peserta bimtek mengajukan pertanyaan terkait dengan pedoman implementasi kurikulum merdeka di madrasah. (Qoma)

