Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Atas

Kabid Dikmad Kemenag DIY Tegaskan Madrasah Jogja Istimewa Pada Bimtek IKM MAN 2 Sleman

Kabid Dikmad Kemenag DIY Tegaskan Madrasah Jogja Istimewa Pada Bimtek IKM MAN 2 Sleman

Sleman (MAN 2 Sleman)- Hadir sebagai narasumber pada Bimbingan Teknis Impelemtasi Kurikulum Merdeka (Bimtek IKM) MAN 2 Sleman pada hari Selasa (09/05/2023) di Aula MAN 2 Sleman, Kabid Dikmad Kanwil Kemenag DIY H. Abd. Su’ud, S.Ag., M.Si.,.memberikan materi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Madrasah.

Dalam pemaparannya, Abd Su’ud menyampaikan, “Yogyakarta dikenal sebagai kota pendidikan juga kota pelajar, komponen diantaranya adalah madrasah, maka ada tiga hal yang akan kita capai sebagai Madrasah jogja istimewa, yaitu peningkatan kualitas pendidikan, penguatan pendidikan karakter serta penggunaan teknologi informatika dalam proses pembelajaran.”

“Saat ini madrasah menjadi sorotan banyak pihak karena banyak yang melamar menjadi siswa madrasah, maka kita harus lebih menunjukkan keunggulan sehingga bisa membuktikan madrasah bisa diandalkan,”lanjutnya. 

Lebih lanjut, Abd. Su’ud juga menyampaikan bahwa guru harus siap dengan segala perubahan kaitannya dengan perubahan kurikulum. “Sesungguhnya inti dari kurikulum adalah guru itu sendiri, bapak dan ibu guru adalah pemain utama, kurikulum berganti berkali-kali kalau guru tidak siap maka tidak ada artinya, begitu pula jika kurikulum tidak terstandar namun guru siap maka akan terlaksana dengan baik, oleh karena itu harus menyatu (inheren) dalam jiwa guru, mau tidak mau semua bapak dan ibu guru harus menyiapkan dengan baik perubahan ini.” 

Abd. Su’ud juga mengingatkan kembali terminologi yang diajarkan KH. Dewantara, bahwa guru adalah pamong, yaitu ing ngarso sung tulodo, ing madyo mbangun karso, tut wuri handayani, guru adalah sosok yang digugu dan ditiru, guru mampu mengetahui bakat dan minat siswa serta guru mampu memberikan motivasi dan dorongan kepada siswa agar terus berprestasi. 

Di akhir pemaparannya, Abd Su’ud berharap semoga MAN 2 Sleman benar-benar mampu menjadi madrasah unggulan sebagai madrasah inklusi dan riset. (Qoma)