Sabtu, 20 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Asesmen Kurikulum Merdeka Oleh Pengawas Madrasah pada Bimtek IKM MAN 2 Sleman

Asesmen Kurikulum Merdeka Oleh Pengawas Madrasah pada Bimtek IKM MAN 2 Sleman

Sleman (MAN 2 Sleman)- Pengawas madrasah Dra. Hj. Ida Uswatun Hasanah, M.Pd., menjadi narasumber pada Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka (Bimtek IKM) MAN 2 Sleman yang diselenggarakan pada hari Selasa (09/05/2023) di Aula MAN 2 Sleman. Materi yang disampaikan yaitu tentang Asesmen Kurikulum Merdeka, selama 180 menit dimulai pukul 12.30 WIB hingga 15.30 WIB. 

Mengawali pemaparannya, Ida memberikan tiga pertanyaan kepada peserta bimtek, apa itu asesmen dalam IKM, apa perbedaan asesmen formatif dan asesmen sumatif, serta langkah global apa saja dalam asesmen pembelajaran. 

“Dalam kurikulum merdeka, ada perubahan paradigma penilaian (asesmen), dari pelaksanaan asesmen sebelumnya di K13 dengan pelaksanaan asesmen yang diharapkan di kurikulum merdeka, perbedaan yang ada yaitu asesmen sebagai proses pembelajaran (asesment as learning) memiliki porsi yang lebih besar dibandingkan sebelumnya,” terang Ida. 

Ida juga menjelaskan topik utama asesmen dalam kurikulum merdeka yaitu prinsip asesmen, perencanaan asesmen, pengolahan asesmen, pelaporan asesmen, mekanisme kenaikan kelas, mekanisme kelulusan serta refleksi dan tindak lanjut asesmen. 

Dengan cermat, seluruh peserta workshop mengikuti serta mendengarkan pemaparan materi yang disampaikan. Disela pemaparan, Ida mengajak bapak dan ibu peserta untuk belajar sambil bernyanyi. Dengan lagu Balonku yang telah diubah syair sesuai dengan materi asesmen, seluruh peserta semangat dan ikut bernyanyi bersama-sama. (Qoma)