Rabu, 24 April 2024
Perguruan Tinggi

Sebanyak 2.353 Peserta Mengikuti UTBK-SNBT 2023 Hari Pertama di UNDIP

Sebanyak 2.353 Peserta Mengikuti UTBK-SNBT 2023 Hari Pertama di UNDIP

Pelaksanaan UTBK-SNBT (Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berbasis Tes) serentak digelar di semua perguruan tinggi negeri pusat UTBK di seluruh Indonesia mulai Senin (8/5). Universitas Diponegoro telah menyelenggarakan UTBK-SNBT 2023 hari pertama dengan lancar. Pelaksanaan UTBK-SNBT 2023 diselenggarakan mulai 8-14 Mei 2023, dilanjutkan pada tanggal 22-25 Mei 2023. Dalam satu hari terbagi menjadi 2 sesi, yakni pagi mulai jam 07.00 wib dan siang mulai jam 13.00 wib. Pelakasanaan UTBK di Undip bertempat di beberapa Fakultas dan lokasi lain di lingkungan kampus Undip Tembalang dan Undip Pleburan.

Dr. Paramita Prananingtyas, SH.,LLM selaku Korpel Pusat UTBK UNDIP menyampaikan total jumlah peserta yang mengikuti UTBK-SNBT 2023 di Pusat UTBK UNDIP sebanyak 25.522 peserta. Pada hari pertama pelaksanaan UTBK yakni pada Senin (8/5/2023) sebanyak 1.171 peserta pada sesi 1 (pagi) dan 1.182 peserta pada sesi 2 (siang) hadir mengikuti UTBK di UNDIP. “Prosentasi kehadiran peserta UTBK pada hari pertama yakni 95.59% pada sesi 1 (pagi) dan 96.49% pada sesi 2 (siang). Artinya antusias lulusan untuk mengikuti UTBK begitu besar,” ungkap bu Mita, sapaan akrabnya. Lebih lanjut dijelaskan bahwa para peserta tidak mendapatkan banyak kendala mencari lokasi ujian karena sudah mendapatkan informasi di Web Pusat UTBK pada link: https://utbk.undip.ac.id/lokasi-utbk/.

“Para peserta juga hadir tepat waktu, dan lalu lintas tidak terlalu padat karena untuk rute jalan sudah diatur sehingga tidak terjadi kemacetan yang dapat mengakibatkan keterlambatan peserta,” sambungnya. Ia juga menjelaskan Undip telah melakukan persiapan yang matang untuk melaksanakan UTBK-SNBT 2023, antara lain menyiapkan 1.225 komputer yang terbagi di kampus Pleburan dan kampus Tembalang. UNDIP tidak bekerjasama dengan pihak ketiga dalam penggunaan komputer ini. Semua ruangan ber-AC dan dapat diakses untuk peserta difable. Akses menuju ruangan juga sangat mudah mengingat UNDIP juga memfasiltasi informasi pelaksanaan di UNDIP melalui https://utbk.undip.ac.id/. UNDIP juga menyediakan tempat yang nyaman bagi peserta untuk transit atau menunggu jadwal tes. Sebelum masuk para peserta juga diwajibkan melalui pengamanan metal detector, sesuai prosedur keamanan yang ditetapkan oleh Panitia Pusat. Segala hal yang berhubungan dengan kelancaran proses tes sudah dipersiapkan secara matang, termasuk workshop bagi pengawas dan petugas keamanan, serta rapat koordinasi yang diselenggarakan secara berkala oleh Panitia UTBK UNDIP. (Ut-Humas)