Sabtu, 20 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Serah Terima Pengurus PMR Wira SMK N 11 Semarang

Serah Terima Pengurus PMR Wira SMK N 11 Semarang

Semarang, 9 Mei 2023 anggota PMR Wira SMKN 11 Semarang melaksanakan kegiatan serah terima jabatan (Sertijab) dari pengurus lama yaitu PMR angkatan 32 ke pengurus baru PMR angkatan 33. Kegiatan sertijab ini dilakukan sebagai penanda bahwa tongkat kepengurusan PMR WIRA SMKN 11 Semarang angkatan 32 diserahkan kepada angkatan 33.

Dwi Damayanti S. Pd., M.Pd. selaku koordinator dan pembina UKS/PMR WIRA SMKN 11 Semarang bertindak sebagai pembina upacara dalam kegiatan Sertijab. Kegiatan upacara berlangsung dengan khidmat yang dihadiri oleh anggota sebanyak 36 siswa.

Dalam sambutannya, Dwi Damayanti S. Pd., M.Pd. menyampaikan bahwa organisasi ini merupakan organisasi yang sangat penting untuk melatih jiwa-jiwa kemanusiaan yang harus dijunjung tinggi serta melatih jiwa empati. Keikutsetaan dalam PMR hendaknya saling menjaga kebersamaan dan saling bersinergi dari masing masing anggota. Membangun rasa peduli terhadap sesama. dengan terbentuknya ketua beserta wakil ketua PMR, terbentuknya struktur organisasi lainnya seperti seksi humas, seksi kebersihan, seksi perlengkapan, dan seksi kegiatan diharapkan akan tumbuh kebersamaan.

Kegiatan sertijab ini dilakukan dengan acara pembukaan, Pembacaan TRI BAKTI PMR sebagai pengingat tentang peran PMR yaitu meningkatkan keterampilan hidup sehat, Berkarya dan berbakti di masyarakat, Mempererat persahabatan nasional dan internasional. Dilanjutkan dnegan pembacaan 7 Prinsip Dasar Palang Merah yaitu kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan dan kesemestaan. Dilanjutkan dengan sambutan oleh pembina PMR, ketua PMR dan menyanyikan lagu mars PMI.

“Mars PMI”

Palang Merah Indonesia
Sumber kasih umat manusia
Warisan luhur, nusa dan bangsa
Wujud nyata pengayom Pancasila

Gerak juangnya keseluruh nusa
Mendarmakan bhakti bagi ampera
Tunaikan tugas suci tujuan PMI
Di Persada Bunda Pertiwi

Secara Hikmat, mars PMI mengingatkan tentang peran PMR sebagai organisasi pemuda yang bergerak di bidang Palang Merah Indonesia. PMI sebagai sumber kasih umat manusia, berbakti pada ibu pertiwi.

Upacara ditutup dengan pembacaan Doa dan pembacaan ikrar. Banyak hal yang mereka dapat dari kegiatan Sertijab ini, peralihan anggota PMR ini merupakan hal yang sangat penting untuk masa depan PMR. Para anggota PMR angkatan 33 diharuskan untuk terus belajar dan berkembang untuk PMR kedepannya dan ini bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Terus belajar akan pentingnya kerjasama, meningkatkan rasa peduli, serta menjalin komunikasi yang baik adalah hal yang harus dilakukan dalam organisasi PMR Wira SMK N 11 Semarang (Penulis: Okta dan Diyarko)