Kamis, 28 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Burapha University Gelar Diskusi Kurikulum Bersama Umsida

Burapha University Gelar Diskusi Kurikulum Bersama Umsida

Umsida.ac.id– Demi meningkatkan kualitas pendidikan dan sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan di Indonesia, Fakultas Bisnis, Hukum, dan Ilmu Sosial (FBHIS) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) melakukan studi banding.

Kamis (27/04/2023) Dekan FBHIS Umsida Poppy Febriana M Medkom, Kepala Lembaga Kerjasama dan Urusan Internasional (LKUI) Isna Fitria Agustina MSi bersama Dosen Program Studi Administrasi Publik Ilmi Usrotin Choiriyah MAP menghadiri studi banding di Burapha University Thailand.

Kegiatan ini diadakan selama dua hari bersama Fakultas Ilmu Politik dan Hukum Burapha University. Diskusi digelar untuk saling memaparkan kurikulum dari masing masing universitas dan membicarakan perbedaan diantara keduanya.

Pada hari pertama, perbincangan dipusatkan pada topik yang berkaitan dengan kurikulum Sarjana Hukum, termasuk prosedur penerimaan, angka pendaftaran, ukuran staf pengajar dan pendukung, gambaran umum materi kursus, kuliah bersama yang akan datang, program magang, kerja, penelitian kolaboratif, dan acara akademik yang akan datang. Diskusi serupa diadakan keesokan harinya untuk program Sarjana Administrasi Publik (Administrasi Daerah) dan Sarjana Administrasi Publik (Administrasi Umum).

Selama diskusi, kedua lembaga bertukar pikiran tentang bagaimana mengembangkan dan meningkatkan program masing-masing. Mereka menjajaki peluang untuk kolaborasi penelitian, program magang, dan kuliah bersama. Mereka juga membahas kegiatan akademik yang akan datang seperti kuliah singkat, kuliah tamu, program pertukaran pelajar, penelitian bersama berbasis komunitas, dan seminar internasional.

Selain diskusi benchmarking kurikulum, Fakultas Ilmu Politik dan Hukum juga menyelenggarakan kuliah khusus pada (27/04/2023). Kuliah yang bertajuk “Tantangan dalam Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia” ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan perspektif yang lebih luas dan berwawasan tentang pembangunan berkelanjutan. Narator dan moderator acara tersebut antara lain Asisten Profesor Dr. Anurat Anantanathorn, Dr. Noppawan Phuengpha, Dr. Pimkamol Kongphok dari Universitas Burapha dan juga dihadiri oleh Dekan FBHIS Umsida Poppy Febriana M Medkom

Acara ini merupakan kesempatan besar bagi mahasiswa untuk memperluas pengetahuan mereka dan jaringan internasional. Ini adalah bukti komitmen Universitas Burapha untuk menyediakan pendidikan berkualitas bagi mahasiswanya dan membina kemitraan dengan institusi akademik di kawasan ASEAN.

Penulis: Rani Syahda Hanifa

Sumber: lkui.umsida.ac.id