Rabu, 24 April 2024
Perguruan Tinggi

Dua Mahasiswa UNJA Wakili Jambi dalam PPAN ke Australia dan Singapura

Dua Mahasiswa UNJA Wakili Jambi dalam PPAN ke Australia dan Singapura

JAMBI,- Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Provinsi Jambi 2023 yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jambi pada hari Kamis (04/05/2023), menghasilkan dua mahasiswa Universitas Jambi (UNJA) yaitu Muhammad Zikril Pratama (Prodi Ilmu Hukum FH) dan Grace Martini (Prodi Manajemen FEB) sebagai duta Provinsi Jambi untuk PPAN 2023 ke Australia dan Singapura.

Zikril dan Grace terpilih sebagai delegasi utama setelah berhasil mengalahkan 20 finalis lainnya. Piala dan hadiah yang didapatkan diserahkan langsung oleh Kadispora Jambi, Ahmad Bastari. Seleksi PPAN Provinsi Jambi 2023 ditutup secara resmi oleh Gubernur Jambi, Al Haris di Shang Ratu Hotel.

Nantinya Zikri akan diberangkatkan sebagai delegasi utama putra PPAN ke Australia (Australia-Indonesia Youth Exchange Program) dan Grace akan diberangkatkan sebagai delegasi utama putri ke Singapura (Singapore-Indonesia Youth Leadership).

“Saya memiliki motivasi yang kuat untuk mengikuti seleksi PPAN ini karena saya ingin memperluas pandangan dunia dan meningkatkan pengalaman internasional saya. Saya yakin program ini akan memberikan pengalaman hidup yang tak terlupakan dan membantu saya menjadi pemimpin masa depan yang dapat berkontribusi secara positif pada masyarakat internasional,” ungkap Zikril terhadap motivasinya mengikuti kompetisi tersebut.

Zikril juga menjelaskan persiapan apa saja yang ia lakukan dan harapannya untuk ke depannya.

“Beberapa persiapan yang telah saya lakukan sebelum mengikuti seleksi antara lain mempelajari informasi mengenai program dan persyaratan seleksi, mengevaluasi kekuatan dan kelemahan saya sebagai kandidat, serta mempersiapkan diri secara fisik dan mental untuk menghadapi tantangan seleksi tersebut,” ujarnya.

“Saya memiliki beberapa harapan setelah mengikuti program ini. Pertama, saya berharap dapat meningkatkan keterampilan bahasa Inggris saya melalui interaksi dengan peserta dari negara lain. Kedua, saya berharap dapat memperluas jaringan sosial dan profesional saya dengan bertemu dengan orang-orang baru yang memiliki latar belakang dan pengalaman yang berbeda. Terakhir, saya berharap dapat mempelajari budaya dan nilai-nilai dari negara lain dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari saya, serta berkontribusi positif pada masyarakat internasional melalui pengetahuan dan keterampilan yang saya peroleh,” jelas Zikril.

Dekan FH UNJA, Dr. Usman, S.H., M.H., menjelaskan bahwa keberhasilan Zikril menjadi pendorong indikator kinerja utama UNJA dan realisasi program internasionalisasi Fakultas Hukum.

“Ini merupakan bagian dari program internasionalisasi FH UNJA, berupa pengembangan jaringan internasional dan peningkatan prestasi mahasiswa FH UNJA. Prestasi Zikril dapat pula dijadikan sebagai pendorong IKU universitas,” ujar beliau

Wadek Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FEB UNJA, Dr. Shofia Amin, S.E., M.Si. juga turut mengucapkan selamat atas keberhasilan Grace sebagai perwakilan PPAN.

“Alhamdulillah dan selamat kepada Grace Martini atas prestasi yang telah diraih. Semoga bisa memotivasi kawan-kawannya untuk berani berkompetisi dan membuktikan bahwa kita juga mampu asalkan mau berusaha dengan sungguh-sungguh. Terima kasih juga kepada semua pihak yang telah mendukung,” tutr Dr. Shofia.

Dimas Anugrah Adiyadmo / HUMAS