Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Unila Siapkan Fasilitas Terbaik untuk Pelaksanaan UTBK-SNBT 2023

Unila Siapkan Fasilitas Terbaik untuk Pelaksanaan UTBK-SNBT 2023

(Unila): Pelaksanaan UTBK-SNBT (Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berbasis Tes) di Universitas Lampung (Unila) memasuki hari keempat, pada Kamis, 11 Mei 2023.

UTBK-SNBT merupakan tes seleksi masuk perguruan tinggi yang dilakukan secara nasional oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Unila sebagai salah satu universitas pusat penyelenggara UTBK, sangat memperhatikan pentingnya tes ini bagi calon mahasiswa dan berkomitmen memberikan kenyamanan dan fasilitas terbaik selama pelaksanaan UTBK.

Humas PMB Unila Dr. Fitra Dharma, S.E., M.Si., menyampaikan, Unila menyiapkan 32 ruangan dan 795 komputer yang tersebar di beberapa lokasi, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas MIPA, Fakultas Kedokteran, UPT Pusat Bahasa, dan UPT TIK.

Fitra juga menekankan, panitia selalu memastikan fasilitas yang dipersiapkan untuk UTBK selalu berfungsi dengan baik, melalui pengecekan dan pengujian komputer sebelum digunakan, serta memastikan ruangan tes selalu steril.

“Di setiap ruangan juga disediakan komputer cadangan dan teknisi komputer apabila terjadi kendala,” ujarnya.

Unila juga bekerja sama dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk memastikan agar penyaluran jaringan listrik di setiap gedung selalu aman.

Hal ini dilakukan untuk memastikan kelancaran pelaksanaan UTBK dan kenyamanan peserta selama mengerjakan tes.

Naufan, salah seorang peserta UTBK-SNBT yang berasal dari SMAN 1 Abung Semuli, Lampung Utara menuturkan, fasilitas yang dimiliki Unila untuk pelaksanaan UTBK sangat baik.

“Fasilitasnya sudah lengkap. Suasananya juga tenang jadi saya bisa lebih fokus saat mengerjakan tes,” tuturnya.

Tak hanya itu, Unila bekerja sama dengan Klinik Unila dan Fakultas Kedokteran untuk memberikan layanan kesehatan bagi para peserta yang membutuhkan perawatan kesehatan selama pelaksanaan UTBK.

Unila juga menyediakan fasilitas memadai bagi penyandang disabilitas, seperti ruangan khusus dan perlengkapan ujian khusus seperti komputer dan headset di Gedung UPT TIK lantai satu.

Selain itu, Unila melakukan pemeriksaan bagi peserta ujian untuk memastikan keamanan dan menghindari potensi kecurangan atau pelanggaran saat pelaksanaan UTBK.

Para peserta diwajibkan membawa kartu ujian dan data peserta yang lengkap. Sebelum memasuki ruangan, setiap peserta juga dicek dengan metal detector untuk menghindari terjadinya kecurangan.

Unila menegaskan, setiap ruangan tes didampingi dua pengawas untuk memastikan kelangsungan pelaksanaan tes berjalan lancar tanpa ada tindak kecurangan.

Apabila diketahui adanya tindak kecurangan yang dilakukan peserta saat tes berlangsung, Unila akan segera melakukan tindakan khusus seperti melakukan blacklist bagi peserta yang melakukan kecurangan.

Untuk memberikan layanan informasi kepada para peserta UTBK, Unila juga menyediakan beberapa media, seperti Website Simanila melalui Chatbot, Hotline WhatsApp Unila, dan pusat layanan informasi di beberapa lokasi UTBK. [Humas/Magang_Christina Febiola Sinaga]