Rabu, 24 April 2024
Sekolah Menengah Atas

SMAHA: Serunya Class Tour bersama Siswa SMPN 1 Ungaran

SMAHA: Serunya Class Tour bersama Siswa SMPN 1 Ungaran

“Tak kenal maka ta’aruf”. Ungkapan unik tersebut benar adanya. Di dalam agama Islam ta’aruf sangat dianjurkan, karena kita bisa mengenal lebih dekat terhadap sesuatu hal dengan cara yang baik.

SMA Islam Hidayatullah (SMAHA) memiliki program rutin tahunan yang dinamakan Class Tour. Kegiatan tersebut diselenggarakan sekolah untuk mengenalkan SMAHA dan program Digital Class kepada siswa di beberapa SMP negeri maupun swasta. Kali ini, SMAHA menggandeng siswa SMPN 1 Ungaran untuk bergabung dalam Class Tour ini.

Siswa SMPN 1 Ungaran mencoba beberapa applikasi di iPad.

Jumat, 12 Mei 2023 sebanyak 20 siswa SMPN 1 Ungaran mengikuti Class Tour SMAHA. Mereka merupakan perwakilan yang ditunjuk oleh sekolah untuk mengikuti pembelajaran digital di SMAHA. 

Kegiatan diawali dengan pembukaan, perkenalan, presensi menggunakan qr-code, mengeksplorasi web SMAHA, serta pembelajaran digital menggunakan iPad. Siswa diajak untuk mengeksplorasi lebih dalam mengenai fitur-fitur yang menunjang edukasi dan kreativitas siswa. Seperti aplikasi Jigspace, di dalamnya terdapat fitur Augmented Relaity (AR) yang bisa memudahkan siswa untuk melihat objek secara semi nyata. Applikasi Froggipedia, yang di dalamnya siswa bisa belajar anatomi katak dan tahu informasi seputar katak. Siswa juga diajarkan membuat animasi timelapse melalui applikasi Keynote. Para siswa terlihat antusias mengikuti kegiatan ini. Hasil timelapse siswa SMPN 1 Ungaran sangat bagus dan kreatif.

Kepala SMAHA, Ibu Etik Ningsih, S.Pd., menuturkan “Alhamdulillah acara berlangsung lancar dan anak-anak merasa senang serta tertarik dengan materi yang disampaikan. Semoga kegiatan ini bisa memberi manfaat bagi peserta Class Tour untuk dapat semakin mengenal SMAHA dengan baik dalam segi fasilitas, pembiasaan keseharian, tentang pembelajaran digital class di SMAHA”

“IPad Class Tour ini menyenangkan, guru-gurunya seru, lingkungan di SMAHA juga mendukung”, tutur Malini, salah satu peserta Class Tour.