Kamis, 25 April 2024
Perguruan Tinggi

P2WTLH LPPM Unisba Selenggarakan Webinar Sakola Desa Seri

P2WTLH LPPM Unisba Selenggarakan Webinar Sakola Desa Seri

KOMHUMAS-Pusat Pengembangan Wilayah dan Teknologi Lingkungan Hidup Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Bandung (P2WTLH LPPM Unisba) menyelenggarakan Webinar Sakola Desa Seri 3 berjudul “Pemanfaatan Aset Desa dan Peningkatan Badan Usaha Milik Desa” yang dilaksanakan melalui Zoom Meeting, Rabu (10/5/2023).

Webinar ini diikuti partisipan dari berbagai kalangan, termasuk akademisi, pejabat pemerintah desa, dan masyarakat umum, dengan jumlah peserta lebih dari 100 orang.

Dalam webinar ini, menghadirkan dua narasumber ahli yang berpengalaman di bidang pemanfaatan aset desa dan pengembangan BUMDes yakni Tarlani, ST., MT., dosen perencanaan wilayah dan kota yang memiliki keahlian dalam pengembangan perdesaan, memberikan wawasan mendalam tentang strategi yang efektif dalam memanfaatkan aset desa dan meningkatkan peran BUMDes. Selain itu, Neneng Santiani, seorang praktisi BUMDes sukses yang menjabat sebagai Direktur BUMDes Niagara di Desa Wangisagara, Majalaya, Kabupaten Bandung, berbagi pengalaman inspiratif tentang bagaimana BUMDes dapat mengubah desa tertinggal menjadi desa yang mandiri.

Dalam sesi materinya menurut Tarlani, idealnya BUMDes itu sebagai wadah yang bisa fokus pada branding product desa, mempunyai perencanaan dan kelayakan usaha yang jelas, bukan fokus pada profit namun benefit bersama yang menyelesaikan masalah desa, dapat meningkatkan PADes, mempunyai strategi dalam memasarkan produk, dan adanya difusi inovasi secara berkelanjutan

Narasumber lainnya yaituh Neneng Santiani, seorang praktisi BUMDes sukses yang menjabat sebagai Direktur BUMDes Niagara di Desa Wangisagara, Majalaya, Kabupaten Bandung. BUMDes Niagara di Desa Wangisagara yang dipimpin oleh Neneng Santiani telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap Pendapatan Asli Desa (PADes). Melalui deviden usahanya, BUMDes Niagara berhasil menyumbangkan milyaran ke PADes Desa Wangisagara. Keberhasilan ini menunjukkan bahwa BUMDes dapat menjadi sumber pendapatan yang penting bagi desa, sehingga mendorong pertumbuhan dan kemajuan ekonomi lokal. Menurut Neneng konsistensi dan disiplin, merupakan kunci dalam membangun BUMDes di Desa Wangisagara. Selain itu, Dr. Imam Indratno, ST., MT., selaku moderator dalam webinar tersebut, menambahkan bahwa membangun kepercayaan merupakan dasar yang kuat dalam kesuksesan BUMDes. Kepercayaan dari masyarakat terhadap BUMDes menjadi landasan untuk meningkatkan partisipasi dan dukungan dalam upaya pengembangan badan usaha milik desa.

Webinar Sakola Desa Seri 3 memberikan kesempatan bagi peserta untuk berdiskusi, bertanya, dan belajar dari pengalaman nyata para narasumber. Pertukaran ide dan pengetahuan yang terjadi selama sesi tanya jawab memberikan wawasan yang berharga bagi peserta dalam mengembangkan desa mereka sendiri. Pusat P2WTLH akan terus berkomitmen dalam menyelenggarakan program-program seperti Webinar Sakola Desa guna meningkatkan nilai ketahanan dan keberlanjutan desa, serta memberikan dukungan dalam meningkatkan pendapatan asli desa dan efektivitas pembangunan di tingkat desa.

Informasi pendaftaran Webinar Sakola Desa seri berikutnya dapat diakses melalui bit.ly/WebSakolaDesa.***