Jumat, 19 April 2024
Perguruan Tinggi

Bagas Maulana Mahasiswa Sastra Inggris Universitas Teknokrat Indonesia Lolos Pertukaran Pemuda Antarnegara ke Singapura

Bagas Maulana Mahasiswa Sastra Inggris Universitas Teknokrat Indonesia Lolos Pertukaran Pemuda Antarnegara ke Singapura

Mahasiswa dari Program Studi Sastra Inggris Universitas Teknokrat Indonesia, Bagas Maulana, berhasil lolos dalam seleksi Pertukaran Pemuda Antarnegara (PPAN) 2023 untuk mengikuti program Singapore-Indonesia Youth Leader Exchange Program (SIYLEP). Dengan demikian, mahasiswa Sastra Inggris Universitas Teknokrat Indonesia kembali mengukir prestasi di tingkat internasional.

Program Pertukaran Pemuda Antarnegara (PPAN) adalah sebuah program yang diinisiasi oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Tujuan utama dari program ini adalah untuk meningkatkan diplomasi antara pemuda serta pemahaman yang lebih luas terhadap berbagai budaya yang berbeda.

Baca juga : Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia M Hendro Junawarko Juara Nasional Lomba Keamanan Jaringan Kemenkominfo dan IDF

Setelah melalui proses seleksi yang diadakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Lampung pada tanggal 4 Mei 2023, Bagas Maulana, seorang mahasiswa semester 8 dari Program Studi Sastra Inggris, berhasil lolos sebagai perwakilan Provinsi Lampung.

Bagas Maulana berhasil lolos ke tahap seleksi wawancara dengan meraih nilai akumulasi tertinggi di antara enam finalis laki-laki lainnya. Sebelum mengikuti tahap wawancara, Bagas Maulana telah melewati tes tertulis di mana ia menjawab berbagai pertanyaan tentang isu terkini di Indonesia dan Internasional, serta wawasan budaya dan pariwisata Lampung.

Selama tahap wawancara, Bagas melalui empat posisi yang berbeda. Posisi pertama adalah posisi pengembangan komunitas (community development). Di posisi ini, peserta diminta untuk mempresentasikan proyek sosial yang telah mereka lakukan sebelumnya, serta proyek yang akan mereka laksanakan jika terpilih nantinya.

Bagas mempersembahkan presentasinya tentang program yang diberi judul “Cerita-Cerita Cemara”, sebuah program pendidikan lingkungan untuk anak-anak usia sekolah dasar. Selama tahap ini, Bagas juga dihadapkan dengan tantangan untuk menjelaskan bagaimana program tersebut dapat berjalan secara berkelanjutan.

Posisi kedua adalah seni budaya, di mana Bagas diberikan waktu sekitar 10 menit untuk mempersembahkan keterampilannya dalam bidang seni, seperti fotografi, kumpulan cerpen, serta pertunjukan tari Bedana dan salah satu tarian khas dari Ternate.

Baca juga : Vahry Lilam Putra Mahasiswa Sastra Inggris Teknokrat Juara Nasional Speech Contest di Unimed

Pada posisi ketiga, Bagas diuji kemampuannya dalam berdiskusi dan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Sedangkan pada posisi keempat, Bagas ditanyai beberapa pertanyaan terkait pemahaman agama, Pancasila, karakter, dan kepribadian.

Pada sore harinya, setelah melakukan perhitungan nilai dan pemeriksaan kelengkapan berkas, Bagas diumumkan sebagai kandidat utama yang berhasil lolos untuk mengikuti Singapore-Indonesia Youth Leader Exchange Program (SIYLEP) sebagai perwakilan Provinsi Lampung.

Bagas Maulana sendiri telah meraih prestasi-prestasi yang luar biasa di antaranya :

1. Co-Founder Cerita-Cerita Cemara

2. Ketua Himpunan Mahasiswa Sastra Inggris Universitas Teknokrat Indonesia

3. Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan Universitas Teknokrat Indonesia

4. Asisten Dosen Mata Kuliah Tourism Conversation Universitas Teknokrat Indonesia

5. Nilai TOEFL ITP > 550

6. Peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) ke Universitas Khairun Ternate

7. Juara I Storytelling ALSA National English Competition Universitas Teknokrat Indonesia

8. Penulis Buku Antologi Cerita Pendek Berbahasa Inggris “Chroniverse”

9. 1 dari 3 Mahasiswa Berprestasi LLDIKTI Wilayah II tahun 2022

Dengan prestasi-prestasi yang dimilikinya, Bagas Maulana menjadi kandidat yang pantas mewakili pemuda dan pemudi Lampung dalam kegiatan diskusi, kunjungan institusional, pemahaman tentang hubungan bilateral Indonesia-Singapura, dan juga pertukaran budaya.

Dr. H. Mahathir Muhammad, SE, MM, Wakil Rektor Universitas Teknokrat Indonesia, memberikan sambutan positif terhadap prestasi Bagas. Mahathir mengapresiasi kemampuan Bagas dalam berhasil mengikuti program internasional ini.

Mahathir berharap bahwa pencapaian Bagas akan menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya. Menurut Mahathir, Universitas Teknokrat selalu memberikan dukungan penuh kepada mahasiswa yang berambisi mencapai prestasi tinggi, baik dalam bidang akademik maupun non-akademik.

Mahathir berharap agar seluruh mahasiswa Teknokrat dapat mencapai prestasi maksimal dalam kegiatan perkuliahan dan berbagai kompetisi lainnya.