Sabtu, 20 April 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia M Hendro Junawarko Juara Nasional Lomba Keamanan Jaringan Kemenkominfo dan IDF

Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia M Hendro Junawarko Juara Nasional Lomba Keamanan Jaringan Kemenkominfo dan IDF

M Hendro Junawarko, mahasiswa Program Studi Informatika di Universitas Teknokrat Indonesia, dan pembimbingnya, Gayu Gumelar S.kom, berhasil meraih gelar juara nasional dalam Lomba Cyberwarrior (Keamanan Jaringan) 2023 yang diselenggarakan oleh Infra Digital Foundation (IDF) bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Adapun daftar lengkap pemenang :

  1. M. Hendro Junawarko (Universitas Teknokrat Indonesia) => Best Red Team
  2. Maria Beatrix (Universitas Tarumanagara) => Best Blue Team
  3. Louis Yeremia Darius Pangau (Universitas Tarumanagara) => 1st Best Participant
  4. Natalia Kristian (Universitas Indonesia) => 2nd Best Participant

Ada total 150 peserta yang ikut serta dalam lomba ini, termasuk peserta dari kategori umum dan siswa SMK.

Baca juga : Pertama di Indonesia, Universitas Teknokrat Indonesia Ciptakan Perkuliahan Metaverse dan A.I

Dalam wawancaranya dengan wartalampung.id, Gayu Gumelar menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Universitas Teknokrat Indonesia.

Gayu mengatakan bahwa dalam lomba ini, peserta diharapkan untuk memiliki pemahaman tentang Linux dan kemampuan untuk menemukan celah-celahnya serta melakukan perbaikan.

Gayu menjelaskan bahwa Hendro memiliki kemampuan dalam membangun sistem yang aman. Setelah itu, Hendro melakukan pengujian untuk mencari apakah ada kerentanan dalam sistem yang telah dibuatnya.

Setelah itu, setelah meyakinkan bahwa tidak ada kerentanan, dilakukan pembuatan laporan hasil pengujian sistem.

Baca juga : Vahry Lilam Putra Mahasiswa Sastra Inggris Teknokrat Juara Nasional Speech Contest di Unimed

Dr. H Mahathir Muhammad SE MM, Wakil Rektor, menyatakan bahwa prestasi yang diraih oleh Hendro sangatlah membanggakan. Hal ini disebabkan oleh kemampuannya dalam merancang sebuah sistem, mengidentifikasi kerentanan, dan menyusun laporan hasil pengujian.

Mahathir memberikan penghargaan atas prestasi ini dan mengharapkan bahwa mahasiswa Teknokrat dapat memiliki kemampuan yang baik di bidang akademik maupun non-akademik. Menurutnya, kampus juga memberikan dukungan penuh kepada semua mahasiswa yang memiliki potensi untuk berkompetisi di tingkat provinsi, nasional, bahkan internasional.