Selasa, 16 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Undang Guru Penggerak, MAN 2 Sleman Gelar Bimtek IKM

Undang Guru Penggerak, MAN 2 Sleman Gelar Bimtek IKM

Sleman (MAN 2 Sleman)- Kembali menggelar Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka (Bimtek IKM), MAN 2 Sleman mengundang guru penggerak sebagai narasumber yang dilaksanakan pada hari Sabtu (13/05/2023) di Aula MAN 2 Sleman. 

Adalah guru penggerak dari SMAN 1 Bantul Martini Sugatri, S.Sos dan guru penggerak SMAN 1 Banguntapan Bantul Arif Pratiwindyo, M.Pd. Kedua narasumber hadir untuk menyapaikan materi dengan tema pembelajaran berdiferensiasi. 

Kepala MAN 2 Sleman H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd menyampaikan harapannya bapak ibu guru akan lebih faham serta siap melaksanakan IKM di tahun ajaran baru mendatang. “Ketika mindset bapak dan ibu guru bisa move on maka kita bisa mempraktekan IKM, sehingga di bulan juni bisa memiliki gambaran yang lebih jelas di dalam proses pembelajaran.” 

Mengawali pemaparan materi, Arif membagi peserta bimtek dalam beberapa kelompok, dimulai dengan ice breaking agar membangkitkan semangat peserta serta menggunakan metode-metode yang asyik dan kreatif. Seluruh peserta bimtek dengan antusias tinggi melaksanakan semua intruksi dari narasumber, mulai dari menjawab pertanyaan yang diberikan, menuliskan hasilnya di kertas, serta presentasi masing-masing kelompok.

Materi dilanjutkan dengan pemaparan yang disampaikan Martini. Masih dalam tema yang sama tentang pembelajaran diferensiasi, Martini menjelaskan apa yang dimaksud dari pembelajaran diferensiasi. Dengan metode-metode yang sayik, membuat peserta energik dan tidak merasa bosan serta ngantuk. 

“Metode yang digunakan sangat kreatif, meskipun materinya sulit, namun dengan pemaparan dari dua narasumber keren ini, saya merasa senang serta faham apa itu pembelajaran berdiferensiasi,” tutur Yeni salah satu guru MAN 2 Sleman. (Qoma)