Jumat, 19 April 2024
Perguruan Tinggi

Mudahkan Akses Peserta di Jabodetabek, Untirta Gandeng UMN Jadi Lokasi UTBK-SNBT

Mudahkan Akses Peserta di Jabodetabek, Untirta Gandeng UMN Jadi Lokasi UTBK-SNBT

SERANG – Sebanyak 26 ruangan di Universitas Multimedia Nusantara (UMN) yang merupakan mitra Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) dalam penyelenggaraan Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) 2023 difungsikan sebagai ruang ujian selama tiga hari berturut-turut sejak 12 Mei 2023 hingga 14 Mei 2023. UMN menyediakan 910 perangkat komputer dengan alokasi 35 perangkat pada setiap ruang ujian untuk memfasilitasi dua sesi ujian.

Rektor Untirta, Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, ST, MT yang meninjau pelaksanaan UTBK di UMN pada Jum’at (12/5) dan Sabtu (13/5) menilai UMN berhasil memberikan layanan prima melalui fasilitas yang melebihi standard bagi para peserta UTBK-SNBT. Berkat kolaborasi ini, UTBK-SNBT hari keenam yang diikuti oleh 2500 peserta di Pusat UTBK Untirta berjalan dengan lancar.

“Pada hari kedua tes di lokasi mitra Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, yaitu Universitas Mutimedia Nusantara, saya melihat fasilitas luar biasa yang memberi kenyamanan kepada para peserta, baik sebelum memasuki ruangan maupun pada saat mengisi tes UTBK,” puji Fatah. “Secara umum baik panitia maupun peserta merasakan kenyamanan dan alhamdulillah tes berjalan lancar,” lanjutnya.

Fatah mengungkapkan bahwa kemitraan Untirta dengan UMN dalam pelaksanaan UTBK-SNBT didasari sejumlah pertimbangan. Salah satunya, yakni lokasi UMN yang strategis, sehingga dapat memberikan kemudahan akses bagi peserta ujian, khususnya yang berdomisili di Jabodetabek dan sekitarnya.

“Yang kedua, fasilitasnya di atas rata-rata standard dan sangat memadai, sehingga mendukung upaya kualitas layanan yang sedang kita bangun dalam pemanfaatan sistem IT dan digital pada ujian berbasis komputer,” terangnya.

Pemilihan UMN sebagai mitra Pusat UTBK Untirta pun dinilai tepat oleh Fatah sebab kerja sama yang baik dan saling menguntungkan antara kedua universitas telah terjalin dalam waktu yang lama. “Kemitraan antara Untirta dan UMN sudah terbangun lama dan saling memberikan manfaat bagi satu sama lain,” ucapnya. (SAC/ AAP/ VDF)