Kamis, 25 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SMANSA Belajar dari Kampung Naga Tasikmalaya

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SMANSA Belajar dari Kampung Naga Tasikmalaya

SMA Negeri 1 Bandung baru saja menerapkan Implementasi Kurikulum Merdeka. Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu program kegiatan yang termasuk dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Melalui kegiatan P5, diharapkan peserta didik mendapatkan pembimbingan penguatan profil pelajar pancasila yaitu: 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, 2) berkebinekaan global, 3) bergotong royong, 4) mandiri, 5) bernalar kritis, dan 6) kreatif. Sasaran utama dalam kegiatan ini adalah seluruh peserta didik kelas X, dengan masing-masing kelas dibimbing oleh wali kelas dan guru pendamping.

Sesuai dengan struktur kurikulum merdeka, peserta didik di Fase E (Kelas X) diwajibkan untuk melaksanakan kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan memilih tema tentang Kearifan Lokal dengan mengangkat judul “Belajar dari Kampung Adat”.

Pada hari Jumat dan sabtu, tanggal 5 dan 6 Mei 2023 seluruh siswa kelas X melakukan kunjungan berupa observasi ke Kampung Adat Naga di Salawu Kabupaten Tasikmalaya.