Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

WISUDA PURNA SISWA SMK MA’ARIF 1 WATES DIAKHIRI DENGAN KEGIATAN BAKTI SOSIAL

WISUDA PURNA SISWA SMK MA’ARIF 1 WATES DIAKHIRI DENGAN KEGIATAN BAKTI SOSIAL

Kulon Progo – SMK Ma’arif 1 Wates menggelar Wisuda Purnasiswa pada Selasa, 9 Mei 2023. Pada tahun ini SMK Ma’arif 1Wates meluluskan 351 siswa dari 5 jurusan. Kegiatan Wisuda Purnasiswa ini digelar di aula SMK Ma’arif 1 Wates di hadiri orang tua wali murid dan juga para tamu undangan diantaranya Ketua Lembaga Pendidikan Ma’arif NU PWNU DIY yang diwakili oleh Prof. Dr. Sugiyanto; Rektor Universitas Nahdlatul Ulama yang diwakili oleh Miftakhul Khoir, S.Sos; Pengawas Pembina SMK Ma’arif 1 Wates Drs. Sugeng Rohadi, M.Pd.;  Pendiri sekolah Drs. Ahmad Subangi; Anggota dewan pembina sekolah LP Ma’arif Dr. Lis Prasetya dan Kyai Lukman Arifin Fatkhul Huda, ST (Ketua PCNU Kulon Progo), ketua dan jajaran pengurus komite sekolah.

Rangkaian upacara wisuda ini diakhiri dengan kegiatan bakti sosial yakni pembagian 300 paket sembako di sekitar lingkungan SMK Ma’arif 1 Wates diantaranya Pasar Wates, Terminal Wates, dan sekitar. Paket sembako ini dihimpun dari orang tua siswa atas inisiatif sendiri dari wisudawan wisudawati. Kegiatan ini dibantu oleh OSIS dan komisariat IPNU-IPPNU tentunya didampingi oleh Waka Kesiswaan dan juga pembina OSIS dan Komisariat IPNU-IPPNU serta bapak/ibu guru yang lainnya.

Acara wisuda ini diawali dengan suguhan penampilan dari akustik siswa dan Tari kreasi. Pada acara inti wisuda yaitu upacara pengalungan samir dan penyerahan dokumen (surat keterangan lulus) yang berjalan dengan khidmat pula. Dalam rngkaian wisuda juga dilaksanakan pengucapan Prasetya Alumni yang dipandu oleh salah satu lulusan Muhammad Rizal Syafi’i. Dalam rangka melestarikan budaya Jawa serta menanamkan pendidikan karakter maka SMK Ma’arif 1 Wates menentukan dresscode  untuk siswa ketika wisuda yaitu dengan menggunakan busana adat Jawa.

Kepala SMK Ma’arif 1 Wates, H. Rahmat Raharja, S.Pd., M.Pd.I dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada orang tua siswa dan siswa yang telah memilih dan menempuh pendidikan di SMK Ma’arif 1 Wates serta berharap para alumni walaupun sudah lulus tetap menerapkan 5 karakter siswa dimanapun berada  yaitu taat beribadah, jujur, disiplin, bertanggungjawab, dan peduli. Dengan harapan dan dan doa para alumni akan dengan mudah bisa melanjutkan mencapai cita-citanya baik bekerja, melanjutkan ke  pendidikan yang lebih tinggi dan wirausaha. Demikian juga Kepala Sekolah berharap para lulusan selalu ingat dan menjaga nama baik almamater dimanapun berada.

Dr. Sugiyanto yang mewakili ketua LP Maarif NU PWNU DIY, menyampaikan selamat kepada wisudawan dan orang tua yang telah memilih dan lulus dari sekolah yang tepat yaitu SMK Ma’arif 1 Wates karena SMK Ma’arif 1 Wates merupakan SMK unggulan di lembaga pendidikan Ma’arif NU PWNU DIY bahkan Indonesia. Terbukti dengan banyaknya prestasi yang diraih diantaranya sekolah ini memperoleh akreditasi A gemuk dengan nilai 96 yang merupakan nilai akreditasi tertinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Setelah rangkaian acara telah selesai, maka diakhiri dengan kegiatan bakti sosial berupa paket sembako yang berisi beras, susu, minyak dan mie instan di Pasar Wates, Terminal Wates, dan sekitarnya. Kegiatan bakti sosial berjalan dengan lancar dan juga mendapat sambutan hangat oleh masyarakat sekitar SMK Ma’arif 1 Wates.

Kegiatan bakti sosial ini memang perlu diterapkan pada para lulusan yang nanti akhirnya menjadi kenangan yang baik dan meninggalkan kesan positif bagi siapapun yang mengenangnya.

Penulis : Iryaprima

Total Pengunjung : 2