Sabtu, 20 April 2024
Sekolah Menengah Atas

SMAHA Sabet Dua Medali di Ajang Bergengsi

Solutif, salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh siapapun untuk menyelesaikan masalah ataupun memenuhi kebutuhan sehari-sehari. Keterampilan ini erat kaitannya dengan kemampuan berinovasi dengan cara mengeksplorasi ide-ide baru guna mencari jalan keluar yang tepat. Zahra Nabiha Adin, siswa kelas XI MIPA 2 SMA Islam Hidayatullah (SMAHA) baru-baru ini berhasil memperoleh dua penghargaan dari sebuah kompetisi bergengsi yaitu World Young Inventors Exhibition (WYIE) 2023, ajang kompetisi tahunan bagi inovator muda yang diselenggarakan oleh ITEX (Invention, Innovation & Technology Exhibition). Kompetisi Internasional ini diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai negara di dunia dan terlaksana pada tanggal 11-13 Mei 2023 di KLCC (Kuala Lumpur City Centre) Convention Centre Kuala Lumpur, Malaysia.

Sambutan oleh Academician Tan Sri Emeritus Professor Datuk DR. Augustine S.H. Ong pada acara penyerahan penghargaan.

Zahra berhasil meraih dua jenis penghargaan yaitu medali silver pada kategori “House Hold, Office, and Personal Care” serta penghargaan “The Best International Invention and Innovation” dari National Research Council of Thailand. Kegiatan ini difasilitasi oleh Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA) yang menyaring para talenta inovator muda di Indonesia. Zahra mengaku bersyukur atas prestasi yang diraihnya. “Alhamdulillah, saya bersyukur atas capaian ini,” ujarnya. Mengangkat judul “Fluorescent House Bell for Deaf People” ia berharap inovasinya akan bermanfaat bagi para difable tuna rungu.

“Syukur dan bangga terhadap Zahra Nabiha Adin, sang inovator muda, yang telah mengharumkan nama baik SMAHA. Hal ini membuktikan bahwa siswa SMAHA mampu berkompetisi di tingkat internasional. Harapannya prestasi ini juga bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi siswa SMAHA yang lain untuk mengembangkan potensinya dalam menemukan inovasi-inovasi baru yang bermanfaat untuk masyarakat,” tutur Etik Ningsih, S. Pd. selaku Kepala SMAHA. “Untuk mendorong dan mengembangkan prestasi siswa secara maksimal tentu kami butuh kerjasama dari orang tua. Untuk itu kami ucapkan terima kasih kepada Ayah Bunda Zahra atas dukungan dan motivasinya kepada ananda,” tambahnya.