Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

UTBK Hari Terakhir, Semua Berharap Lolos

UTBK Hari Terakhir, Semua Berharap Lolos
Para pengantar peserta UTBK menunggu di pojok Gedung Rektorat, Minggu (14/5/2023)
Para pengantar peserta UTBK menunggu di pojok Gedung Rektorat, Minggu (14/5/2023)

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Gelombang I berakhir hari ini, Minggu (14/5/2023). UB sebagai salah satu pusat pelaksana UTBK melaksanakan 14 sesi selama tujuh hari, Senin-Minggu (8-14/5/2023) di 16 lokasi.

Peserta yang datang mengikuti UTBK tidak hanya dari Malang, bisa jadi dari luar kota di propinsi Jawa Timur atau propinsi lainnya. Mereka menuju UB dengan bebagai cara, ada yang ditemani orang tua, ada pula yang mandiri.

Salah satu pengantar siswa peserta UTBK adalah Sagi Suprianto dari Gedangan, Kabupaten Malang. Ia mengantar putri keduanya mengikuti UTBK di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Menurut penuturan Sagi, anak perempuannya yang merupakan siswi SMAN 1 Kepanjen ini ingin kuliah di UB tepatnya program studi (prodi) Pariwisata.

“Semoga bisa diterima disini (UB), kalau tidak diterima disini pilihannya di Polinema (Politeknik Negeri Malang). Karena mintanya di negeri (Perguruan Tinggi Negeri),” ungkap Sagi.

Sagi yang kesehariannya berprofesi sebagai tukang cukur ini menuturkan, karena anaknya mendapat jadwal pagi, jam 5 subuh ia sudah berangkat dari rumah menggunakan sepeda motor. Jarak 45 kilometer dari rumahnya ditempuh sekitar 1 jam lebih, sehingga pukul 6 sudah sampai di UB mencari tempat ujian.

Ia berharap anak keduanya ini bisa diterima di UB, sehingga bisa meneruskan pendidikan sebagaimana anak pertamanya yang alumni Polinema prodi Bahasa Inggris.

“Biar nggak seperti saya mbak, biar lebih maju” harapnya.

Walaupun selama persiapan mengikuti UTBK, putrinya tidak mengikuti bimbingan belajar karena kendala ekonomi. Ia tetap berharap, anak keduanya ini lulus di UTBK kali ini sebagaimana kakaknya yang masuk PTN tanpa harus bimbel.

“Susah saya mbak kalau harus ikut itu (bimbel), buat beli buku saja susah, tapi alhamdulillah dapat pinjaman,” ungkapnya.

Zeni Rosida (kiri) dan Mahdanisa (kanan) seusai mengikuti UTBK
Zeni Rosida (kiri) dan Mahdanisa (kanan) seusai mengikuti UTBK

Selain diantar orang tua, ada yang memilih ke UB secara mandiri salah satunya Mahdanisa dari SMKN 2 Trenggalek. Ia pergi ke Malang sendirian dan menginap di kos teman yang sudah bekerja.

Mahdanisa yang memilih jurusan Teknik Sipil UB berharap bisa kuliah di UB. Meskipun, keinginan untuk kuliah paling besar dimotivasi orang tua, namun ia tetap mempersiapkan dengan belajar setidaknya 2 jam tiap hari.

Demikian pula Zeni Rosida, siswi SMAN 1 Talun yang ke UB secara mandiri. Ia di Malang menginap di rumah kost tetangganya di Blitar. Jadwal ujiannya hari Selasa (9/5/2023), ia sudah sampai di Malang hari Minggu. Sehingga ada waktu untuk melihat lokasi ujian.

Ia sendiri memilih prodi Bahasa Inggris UB sebagai pilihan pertama sesuai dengan jurusan asalnya di SMA yakni Bahasa. Untuk persiapan UTBK kali ini ia lebih memilih mengerjakan soal try out secara mandiri dari buku ataupun video tutorial di Youtube.[sitirahma]