Sabtu, 20 April 2024
Perguruan Tinggi

Lebih dari 1.200 Sivitas UNJ Turut Semarakkan Bulan Merdeka Belajar Melalui Kegiatan “Jalan Santai”

Lebih dari 1.200 Sivitas UNJ Turut Semarakkan Bulan Merdeka Belajar Melalui Kegiatan “Jalan Santai”

Humas UNJ, Jakarta-Pada Minggu, 14 Mei 2023, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melalui Kantor Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni selenggarakan kegiatan “Jalan Santai”. Kegiatan ini dalam rangka bulan Merdeka Belajar dan memperingati Hari Pendidikan Nasional serta Dies Natalis ke-59 UNJ. Kegiatan “Jalan Santai” ini diikuti oleh para pimpinan, dosen, pegawai, mahasiswa, dan alumni UNJ. Kegiatan “Jalan Santai” dimulai dari Kampus A UNJ yang berada di Jalan Rawamangun Muka hingga berakhir ke arah Kampus B yang berada di Jalan Pemuda. Lebih dari 1.200 peserta turut mengikuti kegiatan “Jalan Santai” ini.

Pada kegiatan “Jalan Santai” ini juga dilaksanakan acara senam bersama, doorprize bagi peserta “Jalan Santai”, dan testimoni dari perwakilan mahasiswa UNJ penerima Indonesian Internasional Student Mobility Awards (IISMA) yang merupakan bagian dari Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Pada sambutannya, Prof. Komarudin selaku Rektor UNJ mengatakan turut senang karena kegiatan ini begitu tinggi antusias sivitas akademika UNJ. Kegiatan ini dalam rangka bulan Merdeka Belajar dan memperingati Hari Pendidikan Nasional serta Dies Natalis ke-59 UNJ, ungkap Prof. Komarudin.

Prof. Komarudin menambahkan, bahwa sejak 2020 hingga saat ini UNJ turut berperan aktif dalam MBKM. Dimana UNJ terlibat aktif dalam kegiatan hibah kerjasama kurikulum dari Kementerian dan hibah-hibah MBKM lainnya. Sejak program MBKM diluncurkan pada awal tahun 2020, terdata sejumlah 3.918 mahasiswa UNJ yang mengikuti pelbagai bentuk kegiatan pembelajaran (BKP) MBKM. Jumlah ini tersebar dalam (1) kegiatan magang/praktik kerja sebanyak 1.897 mahasiswa, (2) asistensi mengajar, sebanyak 1.213 mahasiswa, (3) pertukaran pelajar sebanyak 664 mahasiswa, (4) studi/proyek independent, sebanyak 77 mahasiswa (5) membangun desa/kuliah kerja nyata tematik, sebanyak 32 mahasiswa, (6) kegiatan wirausaha sebanyak 25 mahasiswa, (7) proyek kemanusiaan sebanyak 9 mahasiswa, dan (8) penelitian/riset sebanyak 1 mahasiswa, tambah Prof. Komarudin.

UNJ juga telah mengirimkan mahasiswa dalam program pertukaran mahasiswa, baik bentuk kegiatan inbound maupun outbound. Beberapa kegiatan pertukaran mahasiswa yang telah diikuti oleh UNJ, yaitu PERMATA-SAKTI, PMM, PERMATA-SARI, PERMATA-LPTK, PERMATA-Merdeka, serta IISMA. Selain itu juga ada kegiatan KKN-Tematik atau KKN Membangun Desa (MBKM) Mahasiswa UNJ yang dilakukan di desa yang telah memiliki MoU antara UNJ dengan kementerian, gubernur, bupati, atau walikota. UNJ juga membuat Proyek Kemanusiaan yang memiliki tahapan pelaksanaan yang sama dengan BKP MBKM yang lain. Kegiatan Proyek Kemanusiaan yang telah dilaksanakan di UNJ di antaranya pada 2021 di Kampung Nelayan dan Kampung Pemulung di Wilayah Cilincing Jakarta Utara dengan memberikan pendampingan pada kaum perempuan untuk lebih mandiri secara ekonomi melalui wirausaha kuliner yang memanfaatkan hasil laut. Pada Tahun 2022, mahasiswa UNJ melakukan kerjasama dengan Yayasan Mitra Netra untuk melakukan pelayanan dan bantuan kepada penyandang tuna netra berupa pendampingan dalam aktivitas belajar, ungkap Prof. Komarudin.

Pada program praktisi mengajar tahun 2022 UNJ menjadi perguruan tinggi dengan tingkat kolaborasi terbanyak ke-2, tahun 2023 UNJ menempati 5 besar Rencana Kelas Kolaborasi (RKK) terbanyak dengan jumlah 204 aktifitas kolaborasi. Pada program magang, baik pada program MSIB maupun studi independent, 850 mahasiswa kita berhasil berpartisipasi pada kegiatan tersebut dengan melibatkan 72 perusahaan mitra terbaik di Indonesia. Selain itu juga capaian yang luar biasa pada program IISMA yang diraih oleh mahasiswa UNJ. Dimana awal program tepatnya pada tahun 2021, sejumlah 30 mahasiswa berpartisipasi pada program ini dalam hal ini UNJ meloloskan 5 mahasiswa yang berhasil bergabung dengan perguruan tinggi terbaik di negara Thailand, Lithuania, Inggris, Canada, dan Malaysia. Lalu tahun 2022, 60 mahasiswa UNJ berpartisipasi pada kegiatan ini dan kembali meloloskan 5 mahasiswa dengan sebaran perguruan tinggi terbaik di Inggris dan USA. Kemudian pada tahun 2023, 90 mahasiswa UNJ berpartisipasi pada kegiatan ini dan 11 mahasiswa lolos dengan sebaran perguruan tinggi terbaik di Ireland, Italy, UK, Prancis, Rusia, Korea Selatan, dan Canada, ungkap Prof. Komarudin.

Kami menyampaikan terimakasih kepada para wakil rektor, para ketua Lembaga, dekan, direktur pascasarjana dan seluruh pihak yang telah berusaha maksimal untuk meningkatkan capaian MBKM kampus yang kita cintai, tutup Prof. Komarudin.

Pada kesempatan yang sama, Abdul Sukur selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNJ mengatakan bahwa kegiatan “Jalan Santai” ini menjadi momentum bagi UNJ dalam komitmennya mensukseskan MBKM yang dicanangkan oleh Kemendikbudristek. Alhamdulillah, pelbagai partisipasi dan prestasi banyak diraih oleh mahasiswa maupun dosen UNJ pada MBKM ini. Untuk memfasilitasi implementasi MBKM, UNJ awalnya membuat Sistem Informasi Pertukaran Mahasiswa (SIPMA) dan Sistem Informasi Magang Kerja (SIMAKER). Lalu Sistem informasi ini kemudian dikembangkan menjadi satu sistem yang utuh yang mewadahi semua kegiatan MBKM di UNJ yang bernama Sistem Informasi khusus MBKM yaitu SIMERDEKA. Sistem ini dikembangkan dengan pembiayaan dari Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) Institutional Support System (ISS) – MBKM 2022. Semoga semakin terus meningkat partisipasi dan prestasi UNJ dalam pelbagai program MBKM kedepannya, ungkap Abdul Sukur.