Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Fakultas Teknik UNDIP Siap Mencanangkan Diri sebagai Zona Integritas yang Bersih Melayani

Fakultas Teknik UNDIP Siap Mencanangkan Diri sebagai Zona Integritas yang Bersih Melayani

Selasa, 9 Mei 2023, Fakultas Teknik Undip mendapatkan kunjungan dari Tim Penilai Internal (TPI) Inspektorat Jenderal Kemendikbudristek. Adapun tujuan dari kedatangan TPI Irjen Kemendikbudristek ke Fakultas Teknik adalah untuk melakukan evaluasi internal dalam rangka mempersiapkan pencalonan Fakultas Teknik Undip sebagai Zona Integritas – Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (ZI-WBBM) di tingkat nasional. Acara evaluasi ini dilangsungkan di Engineering Hall, Gedung Dekanat Lt 5.

Pada acara evaluasi ini, para jajaran pimpinan Fakultas Teknik beserta seluruh anggota tim ZI-WBBM hadir untuk saling duduk bersama tiga orang perwakilan dari Irjen Kemendikbudristek (Biro Ortala) dan berdiskusi mengenai sejauh mana persiapan yang sudah dilakukan Fakultas Teknik serta apa saja yang perlu diperbaiki sebelum diajukan untuk dinilai oleh Tim Penilai Nasional (TPN) dari Kemenpan-RB. Hal-hal yang dievaluasi meliputi Lembar Kerja Evaluasi (LKE) baik untuk kategori Pemenuhan maupun Reform, evidens apa saja yang sudah disiapkan, serta inovasi apa saja yang sudah dibuat selama pencanangan ZI-WBBM ini.

Sebagai salah satu institusi di Universitas Diponegoro yang sudah mendapatkan predikat ZI-WBK pada 2021, sudah sepantasnya Fakultas Teknik Undip untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk mendapatkan predikat ZI-WBBM pada tahun berikutnya. Namun, setelah berjuang selama dua tahun terakhir, Fakultas Teknik masih dirasa belum cukup untuk bisa mendapatkan predikat tersebut. Menurut Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan sekaligus Wakil Ketua I Tim ZI-WBBM Fakultas Teknik, Prof. Dr.nat.tech. Siswo Sumardiono, S.T., M.T., adanya kunjungan dari TPI Irjen Kemendikbudristek ini merupakan hal yang sangat baik karena memberikan banyak evaluasi berharga bagi Tim ZI-WBBM Fakultas Teknik untuk bisa melakukan perbaikan ke depannya. “Harapannya, setelah ini kita bisa lolos penilaian dari TPI dan siap maju ke penilaian dari TPN pada akhir Mei tahun ini,” ungkap Prof. Siswo.

Prof Siswo yakin, dengan catatan baik yang diraih oleh Fakultas Teknik selama ini, Fakultas Teknik Undip dapat meraih predikat ZI-WBBM pada tahun ini. “Untuk saat ini, hasil survei kepuasan yang kita dapatkan selama dua periode ini cukup bagus. Selain itu, dari tim penilai juga merasa bahwa kita sudah pantas untuk lolos dengan beberapa perbaikan. Semoga pada tahun ini kita bisa lolos dan diajukan ke Tim Penilai Nasional,” ucapnya.

Acara evaluasi dilakukan selama tiga hari, mulai dari tanggal 9 – 11 Mei 2023. Dalam evaluasi kali ini, Tim Penilai Internal dari Irjen Kemendikbudristek yang terdiri atas Ridwan, Fatah Kurniawan, dan Elhida Mardiati, menyampaikan hasil evaluasi tiap tim pengungkit kepada para pimpinan Fakultas Teknik sebagai bahan untuk perbaikan laporan yang rencananya akan dilakukan hingga tanggal 20 Mei mendatang. Semoga dengan ini Fakultas Teknik Undip dapat meraih predikat ZI-WBBM pada tahun ini.