Kamis, 01 Juni 2023
Perguruan Tinggi

Dosen UMJ Ikuti Pelatihan Penulisan Permohonan Paten

Dosen UMJ Ikuti Pelatihan Penulisan Permohonan Paten

Dosen Universitas Muhammadiyah Jakarta Dr. Endang Rudiatin, M.Si., mengikuti Pelatihan Penulisan Deskripsi Permohonan Paten yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek. Pelatihan berlangsung di Hotel Horison Ultima Bhuvana Ciawi, Bogor, selama tiga hari pada Senin hingga Rabu (15-17/05/2023).

Endang diundang mengikuti pelatihan mewakili timnya sebagai inventor penerima hibah Kemendikbud batch 1 tahun 2023 terkait dengan produk olahan dari melinjo. Ide tersebut berawal dari program pengabdian masyarakat Endang pada 2022 lalu yang ditujukan pada UMKM terdampak Covid-19.

Selama ini melinjo diproduksi menjadi emping, kemudian Endang menemukan ide untuk membuat tepung dari melinjo sehingga produknya lebih bervariasi misalnya biskuit. Dari ide tersebut, Endang mendapatkan hibah paten sederhana untuk invensi melinjo menjadi tepung pada 2022.

Endang bersama timnya yaitu Dr. Sugiatmi, SP, MKM., telah melakukan berbagai uji pengolahan tepung melinjo menjadi camilan. Keduanya menjadikan biskuit dari tepung melinjo sebagai suplemen makanan (dietary supplement). Berdasarkan keterangan yang diterima dari Endang (14/05/2023), sebanyak tiga UKM asal Serang mengikuti uji coba.

Pelatihan Penulisan Deskripsi Permohonan Paten Batch 1 2023 bertujuan meningkatkan kapasitas kompetensi SDM dosen dan peneliti dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat berbasis sistem KI (kekayaan intelektual) khususnya Paten. Pelatihan kali ini diikuti oleh 47 inventori dari berbagai perguruan tinggi seluruh Indonesia.

Editor : Budiman