Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Pengukuhan Ideologi IMM untuk IMM FIP UMJ Berkemajuan

Pengukuhan Ideologi IMM untuk IMM FIP UMJ Berkemajuan

Pengukuhan Ideologi IMM Menuju IMM FIP UMJ Berkemajuan menjadi tema besar pada gelaran kegiatan menara maroon Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (PK IMM FIP UMJ) di Gedung Training Center UMJ, Sabtu (13/5/2023).

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari Sabtu-Minggu (13-14/5/2023) ini merupakan serangkaian dari program kerja PK IMM FIP periode 2022/2023 untuk mencetak kader unggul, dan kokoh dalam pemahaman ideologi IMM.

Berlandas Anggaran Dasar IMM BAB 11 Pasal 6 Ketua Pelaksana Hafidzah Diina Hakiki mengatakan bahwa maksud dari diadakannya kegiatan Menara Maroon merupakan bentuk motivasi dan pengupgradan dari ideologi yang sudah didapatkan.

“Mari kita ingat kembali sebuah cita-cita yang telah tercantum di dalam AD IMM Bab 11 pasal 6, yakni mengusahakan terbentukan akademisi islam yang berakhlak mulia dalam rangka mencapai tujuan Muhammadiyah,” ungkap Hafidzah.

Selaras dengan itu, Ketua Umum PK IMM FIP UMJ Dedi Mursadi menjelaskan bahwa Menara Maroon merupakan perkaderan pendukung di IMM yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya dengan pengusungan nama kegiatan berbeda-beda.

“Jika kita definisikan menara maroon merupakan gabungan dari bangunan yang tinggi dan kokoh serta ciri khas warna IMM hingga memiliki arti bagaimana seorang pemimpin mampu mencetak kader yang unggul, dan kokoh dalam pemahaman ideologi IMM,” jelas Dedi.

Tidak hanya itu, dengan mengutip dari salah satu perkataan Buya Hamka “Salah satu pengkerdilan terkejam dalam hidup adalah membiarkan pikiran yang cemerlang menjadi budak bagi tubuh yang malas, yang mendahulukan istirahat sebelum lelah”, sambung Dedi.

Kegiatan yang dihadiri Ketua Bidang Hikmah dan Kebijakan Publik  PC IMM Cirendeu, Achmad Fauzan sekaligus untuk membuka kegiatan tersebut.

Fauzan menyampaikan bahwa Ideologi IMM bukan sekedar normatif simbolik, yang bergerak di bidang keagamaan, kemahasiswaan, dan kemasyarakatan untuk sekedar dihafal. Lebih dari itu, perlu adanya realisasi dan pengaktualisasian dalam kehidupan sehari-hari.

Sebanyak 31 kader IMM FIP UMJ mengikuti Menara Maroon dengan dibekali beberapa materi seperti Peneguhan Ideologi IMM dan Pemaknaan Ideologi IMM. Rangkaian kegiatan diakhiri dengan pengukuhan kader dengan pemberian hadiah secara simbolik.

Editor : Budiman