Sabtu, 20 April 2024
Perguruan Tinggi

Kenangan Prof Abdul Hakim Saat Dua Kali Jabat Plt Dekan FISIP

Kenangan Prof Abdul Hakim Saat Dua Kali Jabat Plt Dekan FISIP

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya (FISIP UB) telah melakukan pelantikan Dekan FISIP Periode Antar Waktu 2023-2024 pada 10 Mei 2023 lalu. Pelantikan ini juga mengakhiri masa jabatan Prof Dr Abdul Hakim M.Si sebagai Plt Dekan FISIP UB Periode November 2022-Mei 2023.

Prof Abdul Hakim sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Plt Dekan FISIP pada medio tahun 2020. Karena itulah, dia sudah menjabat Plt Dekan FISIP selama 2 periode yang berbeda.

Tidak heran jika banyak kenangan yang dia ingat. Salah satunya adalah semua komponen di FISIP terbuka menerima kedatangannya meski bukan berasal dari fakultas yang sama.

“Alhamdulilah saya senang disini karena selama ini saya merasa diterima, terbukti teman-teman semua kalau ada masalah ya datang langsung ke saya, ngomong dengan nyaman ke saya. Saya kira itu yang menyenangkan dan membuat saya bisa bekerja dengan baik sebagai Plt,” kata Abdul Hakim, Jumat (12/5/2023).

Pasca selesai menjadi Plt, Abdul Hakim berpesan harus terus kompak membangun kerjasama, sinergitas antara dekan dengan Kepala Departemen, Ketua Prodi dan juga dari para dosen supaya bisa bersinergi untuk mencapai target-target yang sudah disampaikan ketika pelantikan.

“Pengalaman ketika menjadi PLT yang paling krusial adalah bagaimana menjalin kebersamaan antara pimpinan pimpinan Satker (Satuan Kerja, red) di FISIP supaya bisa kompak bekerja dan tidak terfragmentasi tetapi fokus ke pencapaian organisasi,” tuturnya.

“Itu yang harus terus dibangun supaya suasananya jadi kondusif untuk pencapaian IKU (Indikator Kerja Utama, red) yang dibebankan kepada fakultas,” sambung Prof Abdul Hakim.

Selain itu, Abdul Hakim juga berpesan kepada dekan baru untuk mempercepat kelulusan mahasiswa S1 salah satunya bisa lulus tepat waktu. Dan yang kedua supaya FISIP seluruh prodinya bisa unggul dan juga terakreditasi di tingkat internasional.

“Dan ini harus dikerjakan untuk lebih kurang mulai bulan Mei 2023 dan Agustus tahun depan,” paparnya.

Abdul Hakim juga berterima kasih khususnya kepada para Wakil Dekan, para Kepala Departemen, Ketua Prodi dan pimpinan Satker yang lain yang telah membantu selama memegang jabatan sebagai Plt Dekan FISIP. (Uli/Humas FISIP)