Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Pelaksanaan UTBK SNBT Hari Pertama ULM Resmi Dimulai

BANJARMASIN — Pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK)-Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2023 di Universitas Lambung Mangkurat (ULM) di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, berjalan lancar meski sempat terjadi gangguan server pada hari pertama. Pada Senin (8/5/2023) lalu, peserta yang mengikuti tes ada yang sampai berakhir larut malam lantaran terkendala gangguan koneksi ke server panitia pusat UTBK-SNBT.

Sehubungan dengan terjadinya kendala pada hari pertama pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), Senin (8/5/2023), Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Iwan Aflainie, dr., M.Kes., Sp.F., S.H. Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menyampaikan permintaan maaf kepada para calon mahasiswa yang mengikuti UTBK di ULM. Permintaan maaf tersebut disampaikan Dr. Iwan kepada seluruh calon mahasiswa, orang tua, dan masyarakat terkait kendala yang terjadi.

Seperti yang telah diketahui, pelaksanaan UTBK hari pertama di ULM mengalami kendala yang mengakibatkan pelaksanaan UTBK di beberapa lokasi di ULM molor. Penyebab terjadinya kendala sendiri belum diketahui secara pasti, namun terdapat beberapa kemungkinan di antaranya perbedaan aplikasi dan sistem yang digunakan dari pelaksanaan SBMPTN tahun sebelumnya, selain itu diketahui ukuran file soal relatif lebih besar dibanding sebelumnya karena adanya tambahan soal tes potensi skolastik dan literasi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris serta sistem pengiriman data secara langsung (real time) dari komputer peserta ke Server Pusat.

Kendala serupa juga diketahui terjadi di beberapa universitas yang menjadi tempat pelaksanaan UTBK. Menanggapi kendala tersebut, ULM terus berkomunikasi dan berkoordinasi dengan panitia pusat untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan.