Kamis, 18 April 2024
Perguruan Tinggi

ITS Tutup Rangkaian ICRCC 2023 dengan Awarding Night

ITS Tutup Rangkaian ICRCC 2023 dengan Awarding Night

Finalis ICRCC 2023 dalam kegiatan Awarding Night and Gala Dinner di Ballroom Fave Hotel MEX Tunjungan

Kampus ITS, ITS News – Kompetisi Indonesia Chemical Reaction Car Competition 2023 (ICRCC 2023) yang dihelat Departemen Teknik Kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) resmi berakhir Minggu, (14/5) lalu. Sebagai penutup, gelaran ini dimeriahkan dengan pengumuman kejuaraan dan pemberian penghargaan kepada para pemenang dari berbagai kategori. 

Terdapat lima juara utama dan lima kategori kejuaraan lain yang dianugerahkan bagi para pemenang dalam acara tahunan ini. Lima kategori lain yang dimaksud adalah Best Poster, Best Profile Video, Best Presentation, Most Eco-Friendly Car, hingga Most Consistent Performance. Sebagai penghargaan, para pemenang akan diberikan uang tunai, piala atau piagam, serta sertifikat” tutur Ketua Pelaksana ICRCC 2023, Qurratul ‘Ain Farahiyah. 

Adapun tahapan pelaksanaan ICRCC 2023 dimulai dengan Technical Meeting, Presentation and Inspection, Race Day, hingga Awarding Day. Dari 15 tim yang lolos pada tahap final, didapatkan juara pertama yaitu tim Spektronics 23 dari ITS dengan perolehan skor 94,52. “Poin tersebut merupakan hasil akumulasi dari semua tahap kompetisi,” jelas Farah, sapaan akrabnya. 

Tim Spectronics 23 ITS saat menerima penghargaan sebagai juara pertama ICRCC 2023

Sementara itu, juara kedua diraih oleh tim Atom Nawasena dari Universitas Brawijaya dengan skor 92,627. Adapun juara ketiga diraih tim Veloxymic 4.0 dari Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung dengan skor 92,516 dan juara keempat diraih oleh tim Superheateam 2.0 dari Universitas Ahmad Dahlan dengan skor 90,722. “Juara kelima diberikan kepada tim Pocalunar dari Universitas Diponegoro dengan skor 90,365,” papar Farah. 

Di sisi lain, kategori Best Poster berhasil disabet oleh tim Veloxymic 5.0. Selanjutnya, kategori Best Presentation serta Most Eco-Friendly Car diberikan pada tim Spectronics 24 dan kategori Best Profile Video serta Most Consistent Performance dianugerahkan kepada tim Superheateam 2.0. “Sementara itu, kategori Most Consistent Performance diberikan bagi mobil yang konsisten memperoleh penghargaan tersebut (Most Consistent Performance, red) di setiap tahunnya,” tutur Farah. 

Perwakilan Kepala Departemen Teknik Kimia ITS, Dr Tantular Nurtono ST MEng saat menyampaikan sambutannya dalam Awarding Night ICRCC 2023

Hadir dalam penutupan, perwakilan Kepala Departemen Teknik Kimia, Dr Tantular Nurtono ST MEng juga mengungkapkan rasa bangganya terhadap keberhasilan rangkaian kegiatan akbar Chemical Engineering Innovation Festival (Chernival) ITS ini. Nurtono berharap, ICRCC mampu menjadi kompetisi yang dapat mewadahi ide anak bangsa untuk kemajuan teknologi di Indonesia. (*)

 

Reporter: Rayinda Santriana U S
Redaktur: Erchi Ad’ha Loyensya