Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Kerjasama dengan Desa Ciburial dan Callmeklin, Tim PkM FMIPA Unisba Adakan Pelatihan dan Sosialisasi Pemanfaatan Eco-Enzyme

Kerjasama dengan Desa Ciburial dan Callmeklin, Tim PkM FMIPA Unisba Adakan Pelatihan dan Sosialisasi Pemanfaatan Eco-Enzyme

KOMHUMAS-Dalam rangka meningkatkan antusiasme masyarakat dalam pemanfaatan eco-enzyme, tim dosen dari Fakultas MIPA Universitas Islam Bandung (FMIPA Unisba) yang diketuai  apt. Vinda Maharani Patricia, M. Si, dan beranggotakan apt. Bertha Rusdi, M.Si., Ph.D; Dr. apt. Umi Yuniarni, M.Si; apt. Ratih Aryani, M.Farm; apt. Hanifa Rahma, M.Si; apt. Farendina Suarantika, M.S.Farm; apt. Taufik Muhammad Fakih, M.S.Farm; Budi Prabowo Soewondo, M.Sc; Dra. Livia Syafnir, M.Si; Siti Hazar, M.Si; dan Muthia Nadhira Faladiba, M.Si., menggelar Sosialisasi dan Pelatihan yang mengusung tema “Aplikasi EcoEnzyme Menjadi Produk Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT)”, yang dilaksanakan di Kampus III Unisba, Sabtu (13/05/2023).

Sosialiasi dan pelatihan pemanfaatan Eco-Enzyme ini merupakan bagian dari Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) melalui skema hibah Program Pengembangan Produk Unggulan Mitra (P3UM) yang didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Bandung.

Pada kegiatan sosialiasi dan pelatihan pemanfaatan Eco-Enzyme ini juga turut hadir Prof. Dr. Neni Sri Imaniyati, S.H., M.Hum (Ketua LPPM Universitas Islam Bandung), apt. Sani Ega Priani, M.Si (Ketua Program Studi Farmasi Universitas Islam Bandung), apt. Kiki Mulkiya Yuliawati, M.Si (Sekretaris Program Studi Farmasi Universitas Islam Bandung), dan Ayu Novi Sulistiawati Farida, S.Pd.I (Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Desa Ciburial.

Dalam sambutannya Ketua TP-PKK Desa Ciburial mengungkapkan rasa syukur dan apresiasi tinggi terhadap Unisba  yang telah berinisiatif mengadakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan pemanfaatan eco-enzyme. Ayu berharap dengan adanya sosialiasi dan pelatihan pemanfaatan Eco-Enzyme ini dapat memberikan harapan yang nyata dalam mengatasi tantangan lingkungan yang dihadapi saat ini khususnya di wilayah Desa Ciburial.

“Melalui pengurangan limbah dan polusi serta pemulihan ekosistem dan konservasi alam, diharapkan eco-enzyme dapat berkontribusi secara signifikan terhadap pembangunan berkelanjutan. Ikhtiar ini akan dapat terwujud melalui komunikasi yang baik antara pemerintah daerah sebagai regulator, anggota legislatif daerah sebagai perwakilan masyarakat, beserta kelompok masyarakat setempat,” ungkapnya.

Pada kegiatan sosialiasi dan pelatihan pemanfaatan eco-enzyme ini dilakukan juga prosesi penandatangan perjanjian kerjasama antara Program Studi Farmasi FMIPA Unisba yang dalam hal ini diwakili oleh apt. Sani Ega Priani, M.Si dan  Aden Dhana Rizkita, M.Si selaku Chief Executive Officer dari Callmeklin (Produsen Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT)).

Bentuk kerjasama yang disepakati adalah pengembangan eco-enzyme menjadi berbagai produk Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) khususnya deterjen cair. Dengan adanya perjanjian kerjasama ini diharapkan dapat membuka peluang untuk munculnya wirausahawan baru dalam bidang pengembangan eco-enzyme, khususnya di wilayah Desa Ciburial.***