Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

LPPM UNJ selenggarakan Riset Expo dan LPPM Award 2023

LPPM UNJ selenggarakan Riset Expo dan LPPM Award 2023

Humas UNJ, Jakarta-Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Jakarta (LPPM UNJ) Selenggarakan UNJ Riset Expo dan LPPM Award 2023, acara tersebut bertempat di Aula Latif Hendraningrat, UNJ Kampus A.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Rektor UNJ Prof. Komarudin, para wakil Rektor, Prof. Ucu Cahyana selaku ketua LPPM, para dekan dan direktur pascasarjana, para wakil dekan dan para dosen unj. Sementara tamu yang hadir secara luring perwakilan dari pusat kedokteran dan Kesehatan mabes polri,  PT. Mandiri Jaya Medika, Dexa Medica, PT. Setara Bio Science, Direktur Portfolio produk dan layanan PT. Kimia Farma, PT. Satu Laboratika Utama.

Prof ucu menyampaikan kegiatan ini bagian dari dies natalis unj, kegiatan ini berlangsung sejak tahun 2016 atau tahun ke-7. Dan pada 2 tahun lalu dilakukan secara virtual. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dosen untuk penelitian dan riset inovasi, dan dari kegiatan tersebut kita dapat meningkatkan hilirisasi produk-produk hasil Penelitian bagi dosen unj.  hilirisasi produk penelitian dosen unj Tentu berdampak pada masyarakat dan dapat melakukan kolaborasi kemitraan dengan dunia usaha dan dunia industri.

Prof. Ucu Cahyana ketika memberikan Laporan Acara

untuk hilirasi dan dapat bermitra dengan pihak industri. Contohnya produk dari Prof. Mufti yang banyak kerja sama dengan pihak industri, Yang kedua ada resusitasi jantung, dan media digital pendidikan sudah memiliki mitra.

“Kegiatan ini menjadi positif untuk menjadi branding dan meningkatkan unj untuk menjadi universitas berkelas dunia. Maka salah satu indikatornya bereputasi dalam bidang riset, riset merupakan hulu dari berbagai aktivitas perguruan tinggi, karena dari riset dapat dihasilkan produk luaran, mulai dari publikasi HKI,  sitasi, buku dan itu akan membuka cakrawala kolaborasi dengan berbagai mitra dan tentu untuk mendukung universitas yakni bereputasi dan berkelas dunia.” Tutup Prof. Ucu dalam laporan acara.

Ketika membuka acara, prof. Komarudin menyampaikan bahwa Kegiatan Riset Expo menampilkan produk-produk luaran penelitian, sedangkan LPPM Award merupakan ajang penghargaan bagi dosen dan unit yang berprestasi  dalam melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, publikasi ilmiah, HKI, dan pengelolaan Jurnal.

Foto para pimpinan UNJ ketika membuka acara riset expo dan lppm award 2023

Lebih lanjut, Prof. Komarudin mengapresiasi UNJ dalam penguatan Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat telah dibuktikan dengan terbitnya kebijakan-kebijakan yang berhubungan dengan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, salah satunya Pertor penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, kebijakan pendanaan berupa hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui LPPM dan Fakultas/Pascasarjana, serta Pemberian insentif publikasi.

Tiga tahun UNJ berturut-turut menyandang Jumlah Pencatatan Ciptaan Top 10 tertinggi di Indonesia. Berdasarkan skor SINTA per tanggal 23 Februari 2023, UNJ berada pada peringkat 17 bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Prestasi Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. UNJ masuk klister Mandiri (Berdasarkan Keputusan Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat Nomor 0241/E5/DT.06.01/2023 tentang Penetapan Klasterisasi Perguruan Tinggi berdasarkan Kinerja Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat).

Foto para dekan Fakultas beserta ketua lppm dan rektor UNJ, pemenang bidang publikasi ilmiah

“Melalui Kegiatan Riset Expo dan Pemberian LPPM award tahun 2023 ini diharapkan dapat meningkatkan semangat dosen dalam melaksanakan kegiatan penelitian dan menghasilkan luaran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas.” Ucap Prof. Komarudin ketika menutup sambutan.

Terdapat 13 kategori dalam LPPM Award, berikut untuk daftar pemenangnya, silakan untuk mengunduhnya.

Loader Loading...
EAD Logo Taking too long?
Reload Reload document
| Open Open in new tab

Unduh Di sini