Rabu, 24 April 2024
Perguruan Tinggi

Menpan RB Beri Orasi Ilmiah Pada Dies Natalis ke-59 UNJ

Menpan RB Beri Orasi Ilmiah Pada Dies Natalis ke-59 UNJ

Humas UNJ, Jakarta-Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (MENPANRB) Abdullah Azwar Anas turut hadir kali pertama mengunjungi kampus ketika menjabat sebagai Menteri. Kunjungan tersebut sekalian memberi orasi ilmiah pada puncak acara Dies Natalis ke-59 UNJ.

Acara yang digelar pada Selasa, 16 Mei 2023 bertempat di Aula Latief Hendraningrat lantai 2 UNJ kampus A turut dihadiri oleh, Prof. Komarudin selaku Rektor UNJ, ketua dan sekretaris senat, para wakil rektor, para dekan dan direktur pascasarjana dan para pejabat lainnya di lingkungan UNJ. Selain itu juga hadir Suharti selaku Sekjen Kemendibudristek.

Dalam sambutannya, Prof. Komarudin menyampaikan Dies Natalis ke-59 UNJ mengusung tema “Menuju Universitas Kelas Dunia”. Tema ini dipilih sebagai salah satu komitmen UNJ untuk terus mengembangkan dan memantapkan diri menuju Perguruan Tinggi Negeri Berkelas Dunia. Berangkat dari tema Dies Natalis ke-59 ini, akan dikemas berbagai kegiatan mulai dari Soft Launching Dies Natalis ke-59 yang dirangkaikan dengan Peringatan Nuzulul Quran dan Santunan Yatim-Piatu/Dhuafa; Halalbihalal; Sidang Terbuka UNJ pada Prosesi Puncak Perayaan Dies Natalis ke-59; Internasional Seminar; Pesta Olahraga Antar Perguruan Tinggi se Indonesia; UNJ Riset Expo; LPPM Award; Lomba Desain Maskot UNJ; Jalan Sehat; Pesta Rakyat, dan lainnya.

Foto Prof. Komarudin ketika memberikan Pidato pada acara dies natalis unj ke-59

Prof. Komarudin juga bercerita untuk menjadi "Universitas Kelas Dunia” atau “World Class University” ini adalah visi besar UNJ ke depan. Sesuai dengan time frame (miles stone) yang telah ditetapkan, upaya mewujudkan visi tersebut telah didukung oleh berbagai pencapaian dan prestasi, diantaranya:
1. Meraih Akreditasi Unggul pada tahun 2021.
2. Peringkat ke-39 Nasional dari 3.381 Perguruan Tinggi di Indonesia versi Webometrics 2023.
3. Peringkat ke-32 Nasional dari 3.381 Perguruan Tinggi di Indonesia versi Scimago Ranking University 2023.
4. Peringkat ke-6 PTN Terbaik di Indonesia berdasarkan Subyek Pendidikan versi Scimago Institutions Rankings (SIR) 2022.
5. Peringkat ke 3 secara nasional PTN peraih Intelectual Property Rights (IPR) atau Hak Kekayaan Intelektual (HKI) tahun 2020 dan konsisten hingga saat ini.
6. Ditunjuk sebagai LPTK Pembina bersama 6 PTN lainnya (UPI, Unair, UM, UNY, Unnes, dan Unhas) Penyelenggara Pelatihan Pekerti dan AA untuk meningkatkan kompetensi dosen.
7. Selama 5 periode (2019 – 2023) UNJ mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kantor Akuntan Publik (KAP).
8. Dan berbagai pencapaian dan prestasi lainnya.

Jauh sebelumnya, UNJ merupakan pionir perguruan tinggi yang meletakkan peta jalan koridor pembangunan pendidikan nasional melalui prasasti kota mahasiswa yang diletakkan oleh Presiden Soekarno yang menginspirasi pemeringkatan kota mahasiswa di dunia. Ke semuanya ini menjadi zeitgeist untuk membangun UNJ menuju Universitas Kelas Dunia.

Sementara itu Menpan RB menyampaikan bahwa dari 5 prioritas kerja presiden dan wakil presiden RI periode 2019—2024 dua diantaranya ada di kementerian ini, yakni Pembangunan SDM dan penyederhanaan birokrasi. Dari arahan tersebut kemudian diterjemahkan menjadi 7, yakni 1. Pemangkasan proses bisnis layanan kepegawaian berdampak pada jutaan ASN;
2. Penerapan reformasi birokrasi tematik pada 4 kluster prioritas;
3. Transformasi profesionalisme ASN berbasis Digital dan penataan tenaga Non-ASN;
4. Akselerasi Pembentukan Mal pelayanan publik dan secara digital di seluruh Indonesia;
5. Penguatan sistem pemerintahan berbasis elektronik;
6. Percepatan penyusunan kebijakan kelembagaan, tata Kelola dan ASN menuju IKN Nusantara & DOB Papua;
7. Transformasi sistem Pendidikan ASN mendukung percepatan reformasi birokrasi tematik.

Penyederhanaan jabatan untuk birokrasi lincah yang sebelumnya terdapat 3.414 klasifikasi kini menjadi 3 klasifikasi, ASN yang dulu hanya bisa pindah satu rumpun kini ASN bisa pindah lintas rumpun sehingga birokrasi jauh lebih lincah, ungkap Abdullah Azwar Anas.

Foto Azwar Anas ketika memberikan orasi ilmiah

Dampak nyata penerapan MPP digital diantaranya masyarakat hanya cukup sekali input data, masyarakat hanya butuh 1 akun untuk berbagai e-services data NIK/KTP-Digital, layanan bisa diakses dimana pun, kapan pun, melalui berbagai perangkat elektronik, tutup Abdullah Azwar Anas.

Sementara itu Prof. Dedi Purwana selaku Ketua Pelaksana Dies Natalis ke-59 UNJ yang juga Direktur Pascasarjana UNJ mengatakan melalui dies natalis ke-59 ini, semoga menjadi momentum bagi UNJ menuju universitas berkelas dunia dan kesiapan transformasi menjadi PTN-BH. Selain itu juga pada dies natalis ini, diluncurkan buku pemikiran 59 guru besar UNJ yang diharapkan dapat memberikan sumbangsih pemikiran bagi kemajuan bangsa di berbagai bidang, ungkap Prof. Dedi Purwana.

Foto ketika peluncuran buku pemikiran 59 Guru Besar UNJ

Pada kesempatan acara, Widya Parimita selaku Ketua Harian Dies Natalis ke-59 UNJ mengatakan bahwa selama 59 tahun UNJ telah berkontribusi aktif dalam mendidik putra putri terpilih bangsa, mencetak prestasi dan berinovasi dengan menjunjung Tri dharma perguruan tinggi. Semoga dengan tema dies natalis “refleksi 59 tahun kiprah UNJ dalam mencerdaskan dan memartabatkan bangsa“ dapat terus membakar semangat dan melanjutkan sinergi kuat semua pihak eksternal dan internal UNJ untuk maju terus membawa UNJ sebagai kampus penghasil
pemimpin dan guru yang unggul menuju Universitas Kelas Dunia, ungkap Widya Parimita.

Pada acara perayaan Dies Natalis ke-59 UNJ juga disenggarakan launching buku pemikiran 59 Guru Besar UNJ dan penyerahan token apreciacion dan buku kepada Menteri dan ditutup dengan mengunjungi Riset Expo dan LPPM Award.