Jumat, 26 April 2024
Sekolah Menengah Atas

SMAGO Zero Waste Project Bersama Sampah Harum dan Mahasiswa PPG Prajabatan Pendidikan Geografi

SMAGO Zero Waste Project Bersama Sampah Harum dan Mahasiswa PPG Prajabatan Pendidikan Geografi
J
Jum’at, 12 Mei 2023, sebanyak 30 peserta didik. 4 guru SMAN 1 Godean serta Dosen Pembimbing Matakuliah Project Kepemimpinan Prodi Pendidikan Profesi Guru mengikuti seminar Pengelolaan Sampah yang bertema “Smago Zero Waste”. Kegiatan seminar ini diselenggarakan oleh mahasiswa PPG Prajabatan Pendidikan Geografi 2022. Narasumber kegiatan seminar ini adalah Yosi Sugito, S.Pd dari Lembaga masyarakat yang bergerak dibidang penanganan masalah sampah.
Program zero waste ini mencakup berbagai aspek, mulai dari pengurangan sampah, pengelolaan sampah, pengolahan limbah, hingga edukasi dan sosialialisai kepada warga sekolah SMAN 1 Godean. Peserta didik yang mengikuti seminar ini merupakan kader penggerak pengelolaan sampah di SMAN 1 Godean. Seminar tersebut bertujuan untuk mengurangi dampak negatif sampah terhadap lingkungan dan meningkatkan kesadaran warga sekolah mengenai menjaga lingkungan yang bersih dan sehat. Selain itu, adanya praktik mengelola sampah daun menjadi kompos akan memberikan pengetahuan bagi peserta didik sehingga dapat mendukung program sekolah adiwiyata nasional yang akan diikuti oleh SMAN 1 Godean.
Dalam seminar ini, pemicara yang ahli dalam bidang pengelolaan sampah memaparkan hasil riset dan pengalamannya dalam menjalankan program-program pengelolaan sampah. Para peserta didik dan guru juga diajak untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman mengenai pengelolaan sampah yang telah dilakukan di lingkungan sekitar. Diharapkan seminar ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik bagi seluruh warga sekolah mengenai peningnya pengelolaan sampah yang baik serta mendorong seluruh warga sekolah untuk berperan aktif dalam menjaga lingkungan sekolah. (Oleh : Hasfinada dan rina eka)