Jumat, 19 April 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa Profesi Kedokteran Unila Angkat Janji di RSUDAM

Mahasiswa Profesi Kedokteran Unila Angkat Janji di RSUDAM

(Unila): 97 mahasiswa profesi kedokteran Universitas Lampung (Unila) mengikuti upacara angkat janji di Auditorium Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM), Bandarlampung, Rabu, 17 Mei 2023.

Acara ini dihadiri Plt. Dekan Fakultas Kedokteran (FK) sekaligus Wakil Rektor Bidang Akademik Unila Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, S.Si., M.T., dan Plt. Wakil Dekan 1 FK Unila Dr. Ayi Ahadiat, S.E., M.B.A., serta Direktur RSUDAM Dr. Lukman Pura, Sp.PD., K-GH., M.H.S.M.

Dalam sambutannya, Suripto mengucapkan selamat dan sukses kepada para mahasiswa yang telah menyelesaikan studi sarjana kedokteran dan siap menghadapi tahapan kepaniteraan klinik selama 90 minggu.

Ia menyatakan, semua tahapan ini didukung secara moril dan materiil oleh berbagai pihak. Oleh karena itu, ia berharap seluruh peserta janji mahasiswa profesi dapat mengikuti kepaniteraan klinik dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab.

Suripto juga menjelaskan, pengukuhan janji mahasiswa profesi adalah awal perjuangan mereka untuk mengikuti kepaniteraan klinik selama 90 minggu dan mereka harus berjuang lebih giat untuk meraih gelar Profesi Dokter.

Sementara itu, Lukman Pura berpesan agar para mahasiswa tetap menjaga adab, etika dan semangat belajar. Ia menekankan, belajar tidak hanya dilakukan di sekolah, tetapi juga dari kehidupan sehari-hari dan teladan dari para guru.

“Teruslah belajar, di manapun, kapan pun dan dari siapa pun. Jadilah pribadi yang mampu menebar manfaat untuk orang banyak, karena sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain,” katanya.

Perkuliahan perdana dimulai dengan penyematan tanda peserta mahasiswa profesi dan mendengarkan penyampaian pimpinan RSUDAM sebagai awal rangkaian acara rumah sakit pendidikan. ***

[Reporter: Riky Fernando/Editor: Siti Nuryani]