Kamis, 25 April 2024
Perguruan Tinggi

Pengukuhan Tiga Guru Besar dari Tiga Fakultas Akan Disusul Lima Guru Besar Dalam Waktu Dekat

Pengukuhan Tiga Guru Besar dari Tiga Fakultas Akan Disusul Lima Guru Besar Dalam Waktu Dekat

Banjarmasin – Universitas Lambung Mangkurat (ULM) kembali mengukuhkan guru besar. Sebanyak 3 (tiga) guru besar dikukuhkan oleh Rektor ULM pada hari Rabu (17/5/2023) di Aula lantai 1 Gedung Rektorat ULM.

Rektor ULM Prof. Dr. Ahmad Alim Bachri, S.E., M.Si., secara langsung melantik Prof. Dr. Drs. Suyanto, MP., sebagai Guru Besar bidang Ilmu Pemetaan Ilmu Kultur Tanah Fakultas Kehutanan, Prof. Dr. Ir. Akhmad Rizali, M.Sc., sebagai Guru Besar bidang Ilmu Pengendalian Hayati Fakultas Pertanian, dan Prof. Dr. Drs. Bachruddin Ali Akhmad, M.Si., sebagai Guru Besar bidang Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ULM.

Dari pengukuhan ini maka jumlah Guru Besar yang dimiliki ULM telah mencapai 76 orang. Rektor menyebutkan, selanjutnya dalam waktu dekat ini akan ada 5 guru besar yang akan dikukuhkan sehingga nantinya ULM akan memiliki 81 orang guru besar.

“Mudah-mudahan akhir tahun ini kita bisa mencapai target 100 guru besar ULM,” tutur Rektor dalam sambutannya.

Rektor juga menyampaikan, bahwa untuk mendukung target tersebut ULM telah menetapkan berbagai kebijakan-kebijakan untuk mendorong percepatan Guru Besar. Salah satu kebijakan tersebut yakni dibentuknya tim percepatan peningkatan jabatan fungsional bagi dosen-dosen ULM, termasuk percepatan guru besar, lektor kepala, dan lektor. ULM juga berkomitmen untuk memberikan fasilitas-fasilitas yang mendukung percepatan peningkatan jabatan fungsional.

Dalam rangkaian kegiatan pengukuhan ini, masing-masing guru besar menyampaikan orasi ilmiahnya. Prof. Dr.  Drs. Suyanto, MP dengan judul Orasi Ilmiah “Pelestarian Jenis Ulin (Eusideroxylon zwagery T. & B.) Berbasis Informasi Geopasial di Wilayah Tropika Humida”. Prof. Dr. Ir. Akhmad Rizali, M.Sc., dengan judul Orasi Ilmiah “Bakteri Bacillus thuringiensis sebagai Agensia Pengendalian Hayati”. Prof. Dr. Drs. Bachruddin Ali Akhmad, M.Si., dengan judul Orasi Ilmiah “Komunikasi Pemerintah Daerah di Indonesia”.