Kamis, 28 Maret 2024
Perguruan Tinggi

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU GELAR PENGUKUHAN GURU PROFESIONAL BATCH 3 TAHUN 2022

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU GELAR PENGUKUHAN GURU PROFESIONAL BATCH 3 TAHUN 2022

uin-suska.ac.id Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau menggelar pengukuhan dan sumpah profesi terhadap 89 lulusan Program Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan Batch (DALJAB) 3 Tahun 2022. Pengukuhan diselenggarakan secara luring di auditorium lantai V gedung Rektorat Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dan daring via aplikasi zoom, Rabu (17/5/2023).

Jumlah lulusan yang mengikuti pengukuhan secara luring atau offline sebanyak 53 orang, dan 36 orang lainnya mengikuti secara daring di kediaman masing-masing. Ke 89 lulusan tersebut terdiri dari PPG Daljab 3 dengan rincian mata pelajaran: Pendidikan Agama Islam 38 lulusan, Akidah Akhlak 38 lulusan, Alqur’an Hadist 13 lulusan.

Hadir dalam kegiatan ini Rektor Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan, Keuangan, dan Kepegawaian (AUPK), Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama (AAKK), Dekan di lingkungan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, serta perwakilan dari dinas pendidikan.

Dalam sambutannya, Dekan FTK Dr. H. Kadar, M.Ag. menyampaikan bahwa PPG merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kapabilitas seorang pendidik. Untuk itu guru harus mengikuti program pendidikan profesi guru agar statusnya sebagai guru menjadi legal. “Profesi guru merupakan profesi yang sangat mulia dan semoga ilmu yang diperoleh melalui PPG ini dapat lebih meningkatkan kapasitas lulusan sebagai Guru Profesional” ujarnya.

Dekan FTK Dr. H. Kadar, M.Ag.

Senada dengan Dekan FTK, Rektor UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Prof. Dr. Khairunas Rajab, M.Ag mengungkapkan hal penting bagi seorang guru professional bukanlah ditentukan oleh sertifikat yang diperolehnya akan tetapi, dengan meningkatkan kualitas dan kompetensi maka seorang tenaga pendidik akan menjadi guru professional yang teladan.

Dr. Muhammad Zain, M.Ag. Direktur GTK Kementerian Agama RI

Dalam orasi ilmiah pada acara pengukuhan tersebut, Dr. Muhammad Zain, M.Ag. Direktur GTK Kementerian Agama RI, juga menyampaikan apresiasi kepada lulusan profesi guru dan berharap guru yang dikukuhkan akan menjadi guru professional dalam bidangnya.”mulai hari ini kita harus menaikkan dan memuliakan harkat dan martabat profesi guru” ungkap Muhammad Zain”

Acara pengukuhan berjalan dengan lancar dan di akhiri dengan foto bersama.

Penulis : Srihastuti