Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Meneladani Tokoh Muhammadiyah, Civitas Umsida Nobar Buya Hamka Vol 1

Meneladani Tokoh Muhammadiyah, Civitas Umsida Nobar Buya Hamka Vol 1

Umsida.ac.id– Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mengadakan acara nonton bareng (nobar) film biografi tokoh Muhammadiyah Buya Hamka vol I di bioskop Sun City Sidoarjo. Kegiatan nobar ini diikuti seluruh pejabat struktural maupun karyawan Umsida, terbagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama pada hari Selasa (16/05/2023) dan sesi kedua pada hari Rabu (17/05/2023).

Film Buya Hamka mengisahkan kehidupan sosok Buya Hamka dari kecil hingga dewasa. Pada volume pertama ini bercerita tentang Hamka yang menjadi pengurus Muhammadiyah di Makassar dan berhasil memajukan organisasi tersebut.

Setelah berhasil, ia diangkat menjadi pemimpin redaksi majalah pedoman Masyarakat. Ia dan keluarga harus pindah ke Medan. Sayangnya, pengangkatan tersebut membuat dirinya mulai berbenturan dengan kepentingan Jepang. Medianya kemudian harus ditutup karena dinilai berbahaya. Kehidupan keluarganya mulai berubah setelah salah satu anaknya meninggal.

Ia kemudian berusaha mendekati Jepang. Tapi, usaha tersebut malah dinilai sebagai penghianat oleh warga sekitarnya bahkan beberapa memilih memusuhi Buya Hamka. Seiring berjalannya waktu, ia diminta untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pengurus Muhammadiyah.

Film yang diperankan oleh Vino G Bastian sebagai Buya Hamka dan  Laudya Cynthia Bella sebagai Siti Raham berhasil menarik banyak antusias penonton terutama warga Muhammadiyah. Film ini berdurasi 1 jam 46 menit menggunakan latar tempo dulu dan berisi kisah romantis, perjuangan, ketaqwaan dan disisipi sedikit komedi.

Dr Kumara Adji Kusuma CIFP SFil I Kepala Sekertariat Umsida mengungkapkan bahwa film ini sangat menarik dan wajib ditonton.

“Film ini sangat bagus dan menarik sehingga saya rekomendasi untuk wajib menonton. Ditengah kebangkitan film Indonesia saat ini film ini menjadi oase bagi bangsa ini karena banyak nilai yang bisa di ambil untuk kehidupan sehari-hari dalam konteks kehidupan keluarga, masyarakat, dalam beragama dan bernegara. Buya Hamka adalah teladan bagi seluruh warga negara Indonesia,”tuturnya.

Selanjutnya seluruh civitas Umsida berharap akan bisa berkumpul kembali dan menyaksikan film biografi Buya Hamka vol II dan vol III agar bisa mendapat lebih banyak ilmu yang dapat diimplementasikan dari figur Buya Hamka.

Penulis: Rani Syahda Hanifa

*Humas Umsida