Kamis, 25 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS Tahun 2023

Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS Tahun 2023

SMK Tunas Bangsa menyelenggarakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) OSIS pada hari Jumat-Sabtu, tanggal 12-13 Mei 2023.

LDK OSIS dibuka secara langsung oleh Bapak Darwoto, S.Pd. selaku kepala sekolah. Dalam amanatnya, beliau menyampaikan, “Pengurus OSIS adalah siswa hebat. Dengan mengikuti kegiatan ini, diharapkan organisasi yang terdiri dari siswa kelas X dan XI bisa bersinergi untuk menjadi sarana mengembangkan potensi diri. Kemudian, ilmu yang didapat dapat bermanfaat.”
Beliau juga menyampaikan bahwa setiap anggota OSIS memiliki perbedaan karakter. Untuk itu, antar anggota harus saling mengenal dan menghargai. Juga, selalu mengedepankan musyawarah.


Selesai pembukaan, Pak Wanto, S.Pd. selalu pembina OSIS menyampaikan materi tentang Keorganisasian OSIS. Materinya yang disampaikan meliputi: struktur organisasi, tujuan organisasi, tugas dan fungsi, dan kiat-kiat menjadi pengurus OSIS.


Pak Mrajak, S.Pd.I. sebagai pemateri yang kedua menyampaikan kepada pengurus OSIS untuk menjadi pribadi yang agamis dan siswa yang mengedepankan adab daripada ilmu/pengetahuan dalam pergaulan sehari-hari. Beliau menambahkan agar pengurus OSIS menjadi teladan bagi siswa-siswi yang lain.


Materi yang ketiga adalah problem solving dan public speaking. Ini adalah salah satu materi yang harus dipahami oleh pengurus OSIS. Materi ini disampaikan oleh Ibu Endang Eko Susilowati, S.Pd.


Untuk materi keempat adalah simulasi membuat proposal kegiatan yang dipandu oleh Ibu Niken Fathonah, S.Pd.


Pemateri kelima adalah Bapak Fandy Nur Hidayat, S.Pd. Beliau menyampaikan tentang Leadership. Inti materi yang disampaikan adalah filosofi kepemimpinan, gaya kepemimpinan, win-win solution, dan pemimpin yang adaptif dan responsif.


Pemateri yang keenam adalah Bapak Yosa Aditya Prakosa, S.Pd. tentang Publikasi Kegiatan. Materi ini disampaikan setelah salat Isya’ di aula. Inti materi ini adalah cara publikasi, komponen publikasi, dan cara membuat konten (foto dan video) yang menarik.

Di sela-sela materi, Kak Yulianto juga memberikan ice breaking agar para peserta LDK OSIS ini tidak merasa bosan.
Semoga dengan kegiatan ini, pengurus OSIS siap menjalankan organisasi dengan baik.