Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Administrasi Publik yang Baik Penentu Stabilitas Negara

Administrasi Publik yang Baik Penentu Stabilitas Negara

Laporan oleh Artanti Hendriyana dan Sulthan Adam Wizarddinan Hariono

[Kanal Media Unpad] Guru Besar Kebijakan Publik Universitas Padjadjaran Prof. H. Didin Muhafidin mengatakan bahwa stabil atau tidaknya suatu negara akan bergantung pada kemampuan menjalankan administrasi publik. Hal tersebut ia sampaikan saat menjadi pembicara dalam Satu Jam Berbincang Ilmu (Sajabi) yang diselenggarakan secara daring, Sabtu (13/5/2023).

Pada kesempatan tersebut, Prof. Didin menyampaikan materi mengenai Konsep Pemerintahan yang Adaptif dan Implikasinya terhadap Kebijakan Publik.

Dalam paparan tersebut, Prof. Didin menjelaskan pentingnya administrasi publik, di antaranya untuk menyelesaikan masalah yang terkait kepentingan umum dan sebagai alat stabilisasi institusi sosial.

“Negara itu stabil tidaknya tergantung dari bagaimana dia mampu menjalankan administrasi publik dengan baik,” ujar Prof. Didin.

Dalam menghadapi pandemi Covid-19, Prof. Didin menilai Indonesia mampu menjalankan manajemen dengan cukup baik. Hal tersebut terlihat dari stabilitas perkonomian Indonesia dibandingkan dengan sejumlah negara lain.

Administrasi publik yang baik pun dapat me-manage perubahan yang terjadi dengan sangat cepat. Selain itu, administrasi publik merupakan kunci suatu negara modern.

“Maju mundurnya negara tidak tergantung pada sumber daya alam karena memang kita sumber daya alam melimpah tetapi sampai hari ini mohon maaf belum maju,” kata Prof. Dindin.

Menurutnya, agar Indonesia menjadi negara maju, maka pemerintah perlu adaptif dalam mengambil kebijakan publik. Salah satu alasan negara kita terlambat dalam kemajuannya adalah karena kurang adaptifnya pemerintah dalam mengambil kebijakan publik.

“Kebijakan publik Indonesia secara umum sudah mengikuti pada perkembangan dari suatu publik walaupun masih banyak yang mispersepsi,” ujar Prof. Didin.