Kamis, 25 April 2024
Sekolah Menengah Atas

SMAN 3 Pasuruan Kembali Menggelar Purnawiyata untuk Siswa Kelas XII

SMAN 3 Pasuruan Kembali Menggelar Purnawiyata untuk Siswa Kelas XII

Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Pasuruan kembali menggelar Purnawiyata untuk siswa kelas XII Tahun Ajaran 2022/2023 setelah hiatus selama 2 tahun karena wabah COVID 19. Kegiatan yang mengusung tema “Teruskan Perjuanganmu menjadi Generasi SMArt Inovatis dan Profesional yang Berguna bagi Nusa dan Bangsa” ini berlangsung pada Senin, 15 Mei 2023 yang diselenggarakan di gedung Uniwara Pasuruan.

Purnawiyata dibuka dengan penampilan tari tradisional oleh siswa yang bertugas. Dilanjutkan Kirab KS yang mengiringi para Guru naik ke atas panggung. Kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan pembacaan Surat Keputusan (SK). Memasuki acara inti, prosesi pengukuhan siswa MIPA maupun IPS diiringi oleh tim paduan suara. Mereka menyayikan 10 lagu nasional dengan 2 lagu diantaranya adalah lagu pop serta penampilan solo dari tim paduan suara itu sendiri. Pada tahun ajaran ini, siswa dinyatakan lulus 100% dengan jumlah 280 wisudawan/wisudawati.

Setelah sambutan-sambutan dari Kepala panitia, Perwakilan komite, Perwakilan Kepala Sekolah, dan sambutan dari Kepala Cabang Dinas Wilayah Pasuruan, acara dilanjut dengan pembacaan ikrar wisudawan yang dipimpin oleh Abdul Hamid Al-Muzakki siswa kelas XII IPS 1 dan diikuti oleh seluruh wisudawan/wisudawati. Ikrar tersebut kurang lebih berisi tentang menjaga nama baik SMAN 3 Pasuruan, serta bersedia untuk menyumbangkan energi untuk kehidupan berbangsa dan bernegara.

Adapun pesan dan kesan yang diwakilkan oleh wisudawan Ajeng Pangestu siswi kelas XII MIPA 4, “Selama menuntut ilmu di sekolah ini kami sebagai siswa dan siswi sangat bangga dan memberikan pengghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh elemen pendidik di sekolah ini, dan tak lupa kami mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak dan Ibu Guru yang telah mengajar kami dengan sabar, ikhlas, dan ketulusan yang melebihi apapun dan tidak bisa kami bayar dengan apapun.” Ucap Ajeng Pangestu  yang mewakili para wisudawan.

Acara dilanjut dengan mengumumkan beberapa nama wisudawan yang berprestasi baik di bidang akademik ataupun non akademik. Di XII MIPA, ada Fatimatul Maulada, Fernanda Bela Stefanny Felisyah, dan Riyan Andi Pratama. Sementara di XII IPS, ada Naswah Widada Syafirah, Muhammad Rifqi Amalihudi, dan Niken Anindita Arumningtias. Serta ada satu nama di bidang non akademik yang diberikan kepada Ajeng Pangestu.

Dipenghujung acara mempersembahkan satu penampilan yang cukup menguras air mata yakni musikalisasi puisi yang dibawakan oleh Qurrota A’yunina dari XI MIPA 1 dan Essa Dirgantara dari X3. Acara diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin oleh Bapak Ibnu.

Reporter: Wino

Editor: Aisyah