Kamis, 25 April 2024
Perguruan Tinggi

Digitalisasi Manajemen UMKM

Digitalisasi Manajemen UMKM

MENDALO,- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemerintah Provinsi Jambi melalui surat nomor s.747/Disnakertrans-2.3/V/2023 tertanggal 04 Mei 2023 memberikan kepercayaan kepada Badan Pengelola Usaha (BPU) Universitas Jambi untuk terlibat dalam kegiatan Penyediaan Sumber Daya Pelayanan Antar Kerja Lintas Daerah Bagi Masyarakat melalui Pembentukan Kelompok Wirausaha Baru (WUB) sebagai tim tenaga Instruktur/Narasumber.

Kegiatan berupa pelatihan Manajemen Usaha diselenggarakan dari tanggal 16 – 18 Mei 2023 bertempat di Gedung Balai Latihan Kerja Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bungo. Kegiatan pelatihan ini seiring dengan misi BPU UNJA dalam mengusung keunggulan nilai akademik sebagai Entrepreneurship University yang berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan Menyediakan layanan konsultatif bagi unit-unit kerja, wirausaha mahasiswa dan UMKM dalam rangka optimalisasi potensi income generating unit kerja BPU UNJA dalam hal ini mengutus Narasumber bersertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) di bidang Kewirausahaan, Pendamping UMKM, Retail Industry, Service Excellent, serta sertifikasi digital Internasional Microsoft Office Specialist. (Dr. Ahmad Nur Budi Utama, S.E., M.M; Ir. YG. Armando, M.S; Dara Mutiara Aswan, M.Pd; Akhmad Fikri Rosyadi, S.Pd., M.Pd; Nabila, S.Sn dan Drs.Agus Syarif, MBS).

Peserta pelatihan diikuti oleh 20 pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di daerah Kabupaten Bungo dengan materi pelatihan berbasis kompetensi. Materi terdiri dari perencanaan usaha, optimalisasi pemanfaatan media sosial untuk promosi, pemanfaatan aplikasi keuangan digital, pengolahan produk industri. Implementasi dan pengembangan materi direalisasikan melalui praktek kerjal apangan, sehingga setelah pelatihan, masing-masing peserta sudah memiliki akun media sosial untuk media promosi produk dan menggunakan aplikasi keuangan digital dalam proses pembukuan usaha.

(istimewa/humas)