Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Ima Wijayanti (Dosen Undip) Raih Penghargaan “Disertasi Terbaik” Food Science and Technology Program, Prince of Songkla University

Ima Wijayanti (Dosen Undip) Raih Penghargaan “Disertasi Terbaik”  Food Science and Technology Program, Prince of Songkla University

Ima Wijayanti dosen Departemen Teknologi Hasil Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro meraih penghargaan “Disertasi Terbaik” pada Food Science and Technology Program, Prince of Songkla University 2023 dengan judul disertasi “Bio-Calcium From Asian Sea Bass (Lates Calcarifer) Backbone: Characteristics And Its Food Fortificatio”.

Penelitiannya menggunakan metode eksperimental laboratories untuk melakukan karakterisasi tulang ikan, dilanjutkan dengan penggunaan teknologi high pressure heating untuk pre-treatment, produksi bio-kalsium, pengurangan ukuran partikel dengan teknologi ultrasonika serta aplikasi biokalsium pada berbagai produk pangan.

“Penggunaan tulang ikan sebagai sumber kalsium juga menjadi alternatif bagi mereka yang sensitif atau alergi laktosa susu atau kacang-kacangan yang biasanya merupakan sumber kalsium yang tinggi. Sedangkan penggunaan high pressure heating dalam proses pembuatan biokalsium membantu mengurangi grittiness atau sandy mouthfeel pada biokalsium sehingga dapat diaplikasikan pada berbagai makanan seperti surimi, mayonnaise dan fish spread tanpa menimbulkan gangguan sensori yang berarti apabila ditambahkan dalam jumlah yang tepat,” jelasnya.

“Pada penambahan yang tepat, biokalsium dari tulang kakap juga dapat meningkatkan kualitas surimi gel khususnya pada surimi dengan grade yang rendah. Hasil penelitian melalui uji invitro menggunakan Caco-2 cell menunjukkan bahwa biokalsium dari tulang ikan kakap memiliki keterserapan yang lebih tinggi dibanding bentuk terlarutnya dalam asam sitrat,” pungkas Ima.

Prestasinya tersebut tentu saja menjadi kebanggaan bagi Undip karena salah satu dosen Undip mampu bersaing di level internasional. Selain itu akan turut memotivasi para mahasiswanya untuk berprestasi bersama-sama membawa nama harum Undip ke kancah nasional maupun internasional.  (LW-Humas)