Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

LP3M Adakan Rembug Sinergi Antara UNEJ dengan KAUJE terkait Pencapaian IKU 1

LP3M Adakan Rembug Sinergi Antara UNEJ dengan KAUJE terkait Pencapaian IKU 1

Jember. Pusat Karir, Kewirusahaan, dan Alumni LP3M mengadakan pertemuan bersama dengan Keluarga Alumni Universitas Jember (KAUJE) pada tanggal 16 Mei 2023 membahas terkait dengan pendataan alumni. Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya yang diselenggarakan secara zoom pada tanggal 11 Mei 2023. Kegiatan bertajuk Sinergi Antara Universitas Jember dengan Keluarga Alumni Universitas Jember di selenggarakan secara luring dengan mengambil tempat di Aula Lantai 3 Gedung Soedjarwo Universitas Jember. Hadir dalam pertemuan tersebut Sekretaris 2 LP3M mewakili Kepala LP3M Dr. Iir Nur Asyiah, Dr. Rokhani, S.P.,M.Si. dan pengurus 10 Komisariat dengan perwakilan 2 orang per komisariat dan Korda KAUJE sehingga total peserta berjumlah 22 orang. Pertemuan dilaksanakan dari pukul 08.30 dan berakhir pada pukul 12.00 WIB.

Dalam sambutannya Sekretaris 2 LP3M Dr. Iis Nur Asyiah mengatakan UNEJ mendapatkan kontrak rektor dan kementerian terdiri dari 8 IKU. Mulai dari IKU 1 sampai dengan IKU 8, yang hingga kini capaian IKU 1 dan 2 belum memenuhi target. Semua IKU mensupport keberhasilan IKU 1, mulai dari Merdeka belajar MBKM, Praktisi mengajar, dosen berkegiatan di luar kampus, hingga akreditasi internasional. Tahun 2022 yang belum tercapai adalah IKU 1 dan IKU 2. Untuk IKU 2 sedang digenjot datanya. LP3M mengolah data yang sudah ada, dan kekuatan IKU 1 alumni sesuai dengan TS tahun yang sudah mengisi bisa mengisinya. Data yang sudah dientry diolah, banyak alasan IKU 1 belum tercapai, selain karena pengisiannya ketika mahasiswa belum bekerja mereka tidak mengisi.

Lebih lanjut Dr. Iis Nur Asyiah menyatakan bahwa saat akreditasi internasional diminta data adakah alumni yang bekerja di luar negeri. Hanya ada 1-2 saja alumni namun datanya belum kita miliki. Melalui diskusi ini kita ingin melihat seperti apa pendataan di KAUJE, seperti apa pendataan di level Korda dan Komisariat, apakah kegiatan di KAUJE ada pelibatan mahasiswa aktif? Sehingga saat KAUJE ada di web alumni bisa di-link kan dengan web LP3M.

Sementara itu, Dr. Rokhani, S.P.,M.Si. selaku Kepala Pusat Karir, Kewirausahaan, dan Alumni berharap pertemuan ini bisa mendiskusikan bagaimana memfasilitasi alumni dengan alumninya sendiri dan dengan adik kelasnya. Bisa mengoptimalisasikan kegiatan di alumni tingkat komisariat, dan apa yang bisa disinergikan, termasuk kegiatan rutinnya apa saja. Yang tidak kalah penting adalah membangun sistem informasi yang ada di alumni, terutama terkait dengan sistem pendataan agar bisa mencapai IKU 1.

Diskusi kemudian merambah pada laporan dari masing-masing komisariat terkait yang telah diupayakan untuk memaksimalkan tracer study sekaligus pendataan alumni. Diakhir diskusi yang dipandu oleh Dr. Rokhani, S.P.,M.Si. disepakati beberapa hal terkait dengan upaya pencapaian IKU 1, antara lain: pendata ketua alumni angkatan di setiap fakultas, pelembagaan beasiswa, pengembangan Sistem informasi terintegrasi dengan konten-konten update, dan diperlukan diskusi dan sinergi lanjutan dengan tema terfokus misal: kewirausahaan. [BAK]