Selasa, 30 Mei 2023
Perguruan Tinggi

Meriahkan Dies Natalis ke-60, UNJA Gelar Sepak Bola Rektor Cup 2

Meriahkan Dies Natalis ke-60, UNJA Gelar Sepak Bola Rektor Cup 2

MENDALO,- Menjelang puncak perayaan Dies Natalis ke-60, Universitas Jambi (UNJA) menggelar kegiatan turnamen Sepak Bola Rektor Cup 2 yang dilaksanakan di lapangan depan Gedung Balairung, Kampus Pinang Masak, UNJA Mendalo.

Turnamen sepak bola ini menjadi salah satu kegiatan yang dinantikan oleh para mahasiswa maupun dosen di lingkungan kampus UNJA. Antusias penonton yang merupakan mahasiswa, dosen, hingga masyarakat umum, terlihat sangat tinggi menyaksikan dengan serius pertandingan sepak bola di pinggir lapangan, bahkan hingga naik ke bangunan gedung eks pembangunan Rumah Sakit UNJA.

Dalam pembukaan Turnamen Sepak Bola Rektor Cup 2 ini, dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani, Bupati Batanghari yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Asosiasi Provinsi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (ASPROV PSSI) Jambi, Muhammad Fadil Arief, Wakil Rektor Bidang Akademik UNJA, Prof. Dr. Drs. Kamid, M.Si., para dekan dan wakil dekan, para kepala biro, dan para perwakilan OPD di lingkup PEMPROV Jambi dan PEMKAB Batanghari yang juga merupakan alumni UNJA.

Turnamen kali ini diikuti sebanyak 23 tim kesebelasan, diantaranya yakni 14 tim merupakan mahasiswa dari 7 fakultas, dan 9 tim merupakan dari dosen dan tingkat tendik serta unit kerja lainnya di lingkup UNJA.

Disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UNJA, Prof. Dr. Drs. Kamid, M.Si., mengatakan bahwa turnamen sepak bola ini merupakan silaturahmi serta ajang untuk mencari bibit-bibit atlet unggul pada cabang olahraga sepak bola.

“Memang kita mungkin tidak akan sepintar Tim Garuda Muda Indonesia yang telah berhasil meraih emas di SEA Games, tapi setidak-tidaknya jiwa-jiwa sportivitasnya itu kita akan miliki. Kali ini bukan juara, barangkali yang menjadi tujuan utama yakni silaturahmi sesama kita lah yang menjadi penting. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini, kita saling kenal, saling menghargai, tapi sekali lagi ini bukan masalah juaranya, tetapi mengenai ukuran sehat dan ukuran silaturahmi,” ujar Prof. Dr. Drs. Kamid, M.Si.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani, berharap dengan adanya Turnamen Sepak Bola Rektor Cup 2 di UNJA ini dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang olahraga sepak bola.

“Kegiatan ini sebagai bentuk dan modal awal untuk membentuk serta meningkatkan sumber daya manusia,” ujarnya.

“Semoga Dies Natalis ke-60 (UNJA) ini membawa keberkahan untuk masyarakat Provinsi Jambi. Terima kasih dan sangat diapresiasi atas gebrakan pak rektor, wakil rektor serta seluruh sivitas akademika kampus dan panitia. Mudah-mudahan kegiatan ini berjalan lancar sebagaimana yang diharapkan,” Abdullah Sani menambahkan.

Selanjutnya, Bupati Batanghari yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Asosiasi Provinsi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (ASPROV PSSI) Jambi, Muhammad Fadil Arief, menyebutkan bahwa pihaknya ingin melakukan kerja sama dengan UNJA karena melihat bibit-bibit UNJA yang luar biasa, didukung dengan adanya fakultas dan fasilitas olahraga yang cukup baik.

“Kita harapkan karena di UNJA ini sudah ada fakultas yang fokus pada olahraga, maka diharapkan bibit-bibit atlet ini lahir dari UNJA. Olahraga ini sangat dibutuhkan anak muda, dimana tubuh menjadi kuat, mentalnya menjadi sportif. Kita harapkan juga nanti terdapat kerja sama antara ASPROV PSSI Jambi dengan UNJA,” ujarnya.

Turnamen Sepak Bola Rektor Cup 2 ini berlangsung pada 17 hingga 20 Mei 2023, dengan hadiah yang disiapkan yakni uang pembinaan, medali, dan piala bergilir dengan total jutaan rupiah.

Secara resmi, pembukaan turnamen sepak bola ini ditandai dengan penerbangan balon ke udara. Dilanjutkan dengan tendangan bola oleh Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani, Wakil Rektor Bidang Akademik UNJA, Prof. Dr. Drs. Kamid, M.Si., dan Bupati Batanghari, Muhammad Fadhil Arief.

Pada pertandingan pertama, dibuka oleh tim Rektorat UNJA melawan PESABRI. Dalam kesempatan tersebut seluruh jajaran rektorat seperti kepala biro turut turun ke lapangan. Sementara itu PESABRI secara langsung diikuti sejumlah kepala OPD yang ada di Kabupaten Batanghari, dikomandoi oleh Bupati Muhammad Fadhil Arief.

Diketahui, pada tahun 2018 di Liga Mahasiswa, UNJA berhasil meraih prestasi dengan menduduki peringkat kedelapan se-Nasional. (istimewa)