Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Unitrta-Unsam Teken Kerja Sama Soal Proses Menuju BLU

Unitrta-Unsam Teken Kerja Sama Soal Proses Menuju BLU

SERANG-Universitas Samudra (Unsam) kembali mengunjungi Kampus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Sindangsari, Kabupaten Serang, Jumat (9/5/2023), dalam rangka penandatanganan nota kesepahaman kedua belah pihak. Nota kesepahaman ini adalah tindak lanjut Unsam yang tengah berproses untuk menjadi PTN BLU setelah sebelumnya hal ini disampaikan pihak Unsam ke Untirta tahun lalu (14/12/2022). Hadir dalam kegiatan ini Prof. Dr. Ir. Hamdani, M.T., dan jajaran yang disambut oleh Rektor Untirta Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T., dan jajaran.

Prof. Fatah dalam sambutannya menyampaikan, apa yang dilakukan oleh Unsam juga pernah terjadi di Untirta pada tahun 2012 yang pada awalnya Untirta berstatus Satuan Kerja (Satker).

“Pada mulanya kita berpikir apakah bisa untuk menjadi BLU, tetapi ketika kita melakukan upaya-upaya kemajuan dan segala prosesnya ditempuh maka Untirta pun akhirnya menjadi BLU bahkan sekarang kita didorong dan akan menjadi PTNBH,” tuturnya.

“Kita siapkan soft infrastrukturnya karena untuk persiapan fisik sudah ada untuk menuju ke PTNBH ini. Untuk hal yang perlu dilakukan oleh Unsam saat ini memang harus sharing informasi, dan dalam waktu dekat perlu konversi apa plus minus dan strategi yang perlu disiapkan menuju BLU ini,” kata Rektor Untirta.

Sementara Prof. Hamdani menjelaskan, Untirta telah menjadi inspirasi Unsam untuk mewujudkan kampusnya berstatus BLU. Menurutnya, memang Untirta sudah melakukan akselerasi di berbagai bidang. “Hal ini akhirnya mendorong Unsam untuk ke Untirta. Sebab, di mana-mana, di berbagai pemberitaan dan penghargaan nama Untirta seringkali terdengar,” jelasnya.

“Untuk kerja sama ini kami berharap nanti ada tim dari Untirta dan Unsam untuk terus berkoordinasi guna mewujudkan Unsam menjadi BLU di tahun 2024. Mungkin untuk yang lainnya kita berproses dan terima kasih atas penerimaannya untuk mendapatkan bimbingan dan arahannya dari Untirta,” imbuhnya.(HI/TMA/AAP/VDF)