Sabtu, 20 April 2024
Perguruan Tinggi

PEMBINAAN SPIRITUAL CIVITAS AKADEMIKA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU SEMPENA REFLEKSI 2 TAHUN KEPEMIMPINAN REKTOR PROF. DR. KHAIRUNNAS RAJAB, M.AG

PEMBINAAN SPIRITUAL CIVITAS AKADEMIKA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU SEMPENA REFLEKSI 2 TAHUN KEPEMIMPINAN REKTOR PROF. DR. KHAIRUNNAS RAJAB, M.AG

uin-suska.ac.id Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau menggelar kegiatan Pembinaan Spiritual bagi seluruh civitas akademika dan tenaga kependidikan di lingkungan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau yang dipusatkan di Masjid Al-Jami’ah, Jumat (19/5/2023).
Kegiatan ini juga bersempena dengan refleksi 2 tahun kepemimpinan Prof. Dr. Khairunnas Rajab, M.Ag sebagai Rektor Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Rangkaian acara dimulai dengan Khatam Al-Quran, sambutan Ketua Pelaksana oleh kepala Ma`had Al Jami`ah dan pemutaran video refleksi capaian 2 tahun kepemimpinan Rektor.

“Saya menyadari bahwa kita semua civitas akademika dan tenaga kependidikan telah mengerahkan segala daya, kemampuan dan berkomitmen memperjuangkan Universitas ini menjadi gemilang dan terbilang,” Tegas Rektor Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau mengawali sambutannya.

Kita terus mendorong Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau untuk melahirkan Guru Besar yang tidak hanya berbasis Islam studies, tapi juga ilmu umum. Disini kita punya Profesor dari Fakultas Ekonomi dan Sosial, Fakultas Pertanian dan Peternakan, terakhir berasal dari Fakultas Sains dan Teknologi. “Ini akan menjadi agenda penting kita, kita berharap para Doktor agar terus berpacu mengurus pangkat Guru Besarnya.” Tegas Profesor Psikologi Islam ini.

Selain itu, Rektor juga menegaskan komitmen dalam meningkatkan kualitas mahasiswa, mulai dari regulasi penerimaan mahasiswa baru hingga proses seleksi penerima beasiswa.

Dari sisi sarana dan prasarana, Rektor bertekad dan tidak akan berputus asa untuk mewujudkan bangunan yang representatif, megah dan indah. “Meskipun bangunan masjid ini masih terkesan terbengkalai, saya berharap kita semua terus mengisinya dengan kegiatan shalat berjamaah, halaqah fiqh, kajian tafsir, kajian hadist dan kegiatan yang bermanfaat lainnya.” Ujarnya.

Selanjutnya kegiatan ini diisi dengan tausiah yang disampaikan oleh dosen Fakultas Ushuluddin, Dr. Lukmanul Hakim, pemberian bingkisan Dari DWP UIN Suska Riau kepada anggota DW yang akan menunaikan ibadah haji dan diakhiri dengan salam-salaman dan foto bersama.

Penulis : Azmi