Selasa, 23 April 2024
Perguruan Tinggi

Tim Dosen Unimed Dorong Peningkatan Produksi dan Pemasaran Produk UMKM “Kriken”

Tim Dosen Unimed Dorong Peningkatan Produksi dan Pemasaran Produk UMKM “Kriken”

Dalam rangka pemenuhan Tridharma Perguruan Tinggi, Kelompok Dosen Universitas Negeri Medan (Unimed) yang diketuai Dra. Cicik Suriani, M.Si melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) memberikan edukasi dan pelatihan untuk mendorong peningkatan produksi dan pemasaran produk UMKM Keripik Kentang “Kriken” Bu Fifin. Kegiatan PKM ini diharapkan mampu menjadi problem solving atas masalah yang dihadapi oleh mitra dalam pengembangan usahanya.

Setelah melalui tahapan observasi dan diskusi, pada Rabu 10 Mei 2023, tim PKM merealisasikan program PKM di lokasi produksi “Kriken” Bu Fifin yang berada di kecamatan Medan Sunggal. Kegiatan ini hadiri oleh seluruh tim PKM, owner “Kriken” Bu Fifin, tim operasional dan beberapa reseller. Pada pembukaan kegiatan, Dra. Cicik Suriani, M.Si menekankan agar produksi terus berkembang perlu dilakukan berbagai inovasi, baik pada tahapan produksi maupun pemasaran. Persaingan dalam usaha makanan begitu tinggi, agar tetap eksis maka “Kriken” harus menjaga mutu produk dan menentukan segmen pasarnya agar jelas strategi pemasaran yang akan dilakukan.

Dalam sambutannya, owner “Kriken” Bu Fifin bersyukur dan berterimakasih telah dipilih menjadi mitra PKM. Bu Fifin menyampaikan bahwa salah satu kendala produksi yang dihadapi adalah pada tahapan pengemasan. Alat pengemasan yang digunakan masih sederhana berupa hand sealer untuk kemasan plastik dan setrika untuk merekatkan aluminium foil pada kemasan toples. Proses tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama agar pengemasan menjadi baik. Akibatnya pada waktu tertentu, tim produksi terpaksa menolak pesanan. Pada bagian pemasaran, secara umum reseller masih melakukan pemasaran secara konvensional, belum optimal secara digital.

Untuk meningkatkan wawasan tim produksi dan reseller produk, tim PKM memberikan edukasi beberapa materi. Pada sesi ini, Dr. Syahmi Edi, M.Si menyampaikan potensi dan kandungan gizi dari kentang, Drs. Puji Prastowo, M.Si menyampaikan pentingnya menjaga mutu produksi dan menentukan segmen pasar dari produk dan Rafiqah Yusna Siregar, M.Ikom menyampaikan strategi pemasaran secara digital melalui pengoptimalan penggunaan Instagram.

Selanjutnya, Tim PKM menyerahkan 1 unit mesin untuk pengemasan plastik dan 1 unit mesin untuk pengemasan toples. Dra. Marlinda Nilan Sari Rangkuti, M.Si memberikan pelatihan kepada tim operasional dalam penggunaan kedua mesin tersebut. Dalam praktiknya, waktu yang diperlukan untuk pengemasan sangat jauh berkurang dan kualitas pengemasan menjadi lebih baik. Akibatnya, banyak produk yang dapat dikemas perhari akan jauh meningkat dengan kualitas pengemasan yang lebih baik.

Setelah kegiatan edukasi dan pelatihan, Tim PKM akan terus melakukan pendampingan kepada Mitra PKM sehingga tujuan dari kegiatan yaitu peningkatan produksi dan pemasaran tercapai. Mitra PKM semakin optimis, usaha “Kriken” Bu Fifin akan semakin berkembang dan menguasai pasaran keripik kentang khususnya di kota Medan.(Humas Unimed)