Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Atas

SMA Muhiska Gelar Olahraga Jumat Pagi

Jumat, 19 Mei 2023 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta menggelar senam Jumat pagi. Kegiatan senam dilaksanakan di halaman sekolahan dan diikuti oleh seluruh guru karyawan dan mahasiswa PPL 2 PPG

Senam Jum’at pagi kali ini dilaksanakan di halaman SMA Muhammadiyah 1 Surakarta dan diikuti oleh kepala sekolah, Dr. Rahayuningsih, S.Pd., M.Pd., dewan guru, karyawan, dan juga seluruh mahasiswa PPL 2 PPG yang saat ini sedang praktek lapangan di sekolah.

Senam sangat bermanfaat dalam mengembangkan komponen fisik dan kemampuan gerak (motor ability). Orang – orang yang terlibat senam akan berkembang daya tahan ototnya, kekuatannya, powernya, kelenturannya, koordinasi, kelincahan, serta keseimbangan. Apalagi  jika diimbangi dengan kegiatan yang menuntut sistem kerja jantung dan paru (cardio-vaskular system). Dengan melakukan olah raga senam secara teratur akan membuat kesehatan dan perkembangan fisik menjadi baik dan seimbang.

Senam diiyakini bahwa terdapat sumbangan yang sangat besar dari olah raga senam dalam meningkatkan self-concept (konsep diri). Ini bisa terjadi karena kegiatan senam menyediakan begitu banyak pengalaman dimana orang mampu mengontrol tubuhnya dengan keyakinan dan tingkat keberhasilan yang tinggi, sehingga memungkinkan membantunya membentuk konsep yang posisitf.

Setiap olahraga tentu baik untuk kesehatan, selama hal itu dilakukan dengan cara yang benar dan tidak berlebihan. Hal ini tentu saja berlaku juga untuk senam. Berikut adalah beberapa manfaat senam yang harus kita ketahui.

Gerakan senam yang dilakukan secara kontinyu dan berulang-ulang membuat jantung bekerja dengan lebih cepat. Bila dilakukan selama 20 menit, berarti Anda telah memulai langkah sehat untuk meningkatkan kesehatan jantung