Jumat, 26 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

LKS SMK tingkat Jawa Barat Tahun 2023, Dibuka Oleh KaDisdik Di SMKN 6 Kota Bandung

LKS SMK tingkat Jawa Barat Tahun 2023, Dibuka Oleh KaDisdik Di SMKN 6 Kota Bandung

majalahsora.com, Kota Bandung Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat Jabar (Jawa Barat) , dimulai dari tanggal 9 hingga 11 Mei 2023.

Ada 27 bidang yang dilombakan yakni :

  1. Cyber Security (team),
  2. Industrial Control,
  3. Mechatronics (team),
  4. Mobile Robotics (team),
  5. Refrigeration and Air Conditioning,
  6. Welding,
  7. CNC Milling,
  8. CNC Turning,
  9. Mechanical Engineeering CAD,
  10. IT Network Systems Administration,
  11. IT Software Solutions for Business,
  12. Information Network Cabling,
  13. Electronics,
  14. Web technologies,
  15. Cloud Computing,
  16. Electrical Installations,
  17. Automobile Technology,
  18. CAD Building (team),
  19. Graphic Design Technology,
  20. Fashion Technology,
  21. Hotel Reception,
  22. Restaurant Service,
  23. Patisserie and Confectionery,
  24. Plastick Die Engineering,
  25. Autobody Repair,
  26. Health and Social Care
  27. Landscape Gardening (team).

Diikuti oleh 516 peserta. Adapun jumlah pembimbing siswa sebanyak 457 orang. Sedangkan juri berjumlah 81 orang dan panitia kegiatan ada sekitar 120 orang. Apabila ditotalkan menjadi 1.174 orang yang terlibat.

Adapun sekolah yang menjadi tuan rumah LKS tahun ini yakni :

  1. SMKN 2 Kota Bandung,
  2. SMKN 4 Kota Bandung,
  3. SMKN 6 Kota Bandung,
  4. SMKN 8 Kota Bandung,
  5. SMKN 9 Kota Bandung,
  6. SMKN 11 Kota Bandung,
  7. SMKN 15 Kota Bandung,
  8. SMKN 1 Kota Cimahi
  9. SMK PPN Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Awak media majalahsora.com pun sengaja meliput acara pembukaan di SMKN 6 Bandung, Selasa 9 Mei 2023, Jalan Soekarno Hatta (Komplek Riung Bandung), Kelurahan Cisaranten Kidul, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung.

Pembukaannya dibuka langsung oleh Wahyu Mijaya KaDisdik Jabar, dihadiri oleh Kepala Bidang PSMK Edi Purwanto, Kepala Cadisdik Wilayah VII Ai Nurhasan, Kepala Cadisdik Wilayah I Abur Mustikawanto, Ketua MKKS SMK dan banyak lagi.

KaDisdik Jabar Wahyu Mijaya mengatakan, LKS SMK ini merupakan salah satu ajang untuk melihat kemampuan diri sendiri dan rekan lainnya.

“Nantinya akan ada pemenang, yang akan mewakili Jabar ke tingkat Nasional. Tentunya saya ingatkan yang menang jangan menjadi sombong, tetapi harus menjadi motivasi dan menyemangati rekan lainnya, untuk melakukan hal yang sama dengan terus mengasah kemampuan,” ungkap Kadisdik, di SMKN 6 Bandung, Selasa (9/5/2023).

Menurutnya, siswa yang mewakili sekolahnya ikut di ajang LKS, merupakan siswa yang berhasil, walaupun belum meraih juara. Oleh karena itu terus bersemangat dan berinovasi, dengan dukungan para guru dan pembimbing serta orang tua.

“Saya minta kepada guru untuk membimbing anak didiknya yang ingin berhasil, dengan bimbingan komunikasi, keahlian, karakternya, yang tujuannya bisa mematahkan statement bahwa lulusan SMK merupakan penyumbang pengangguran terbanyak, dan kita buktikan bahwa kompetensi SMK sangat diandalkan di era saat ini dan mendatang,” imbuhnya.

Edy Purwanto, Kabid PSMK Disdik Jabar, menambahkan bahwa LKS SMK ini nantinya sejajar ke arah tingkat Nasional.

“Artinya kita tunjukan bahwa SMK-SMK Jawa Barat bisa juara membawa nama baik sekolahnya masing-masing. Lomba saat ini juga tidak begitu berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Namun pada saat pandemi saja, perbedaannya lombanya yaitu secara daring sesuai ketentuan tingkat Nasional,” kata Edy menjelaskan.

Masih kata Edy, di new normal ini lomba diadakan secara luring. Dari sistem hingga penjurian, masih sama dengan ketentuan tingkat nasional.

Untuk tuan rumah, Edy menjelaskan bahwa setiap sekolah yang dipilih menjadi tuan rumah, karena disesuaikan dengan kondisi lapangan mata lomba. Seperti SMKN 6 Bandung yang dijadikan tuan rumah dalam kategori mata lomba otomotif. Hal ini karena SMKN 6 untuk cakupan Kota Bandung memadai dalam bidang otomotif.

Edy berharap bahwa para juaranya bisa berprestasi di tingkat Nasional dan Internasional, tidak hanya di tingkat Jawa Barat saja.

Sedangkan Asep Irwan Suherman, M.Pd., Ketua Harian LKS SMKN 6 Bandung, memberi keterangan lebih lanjut mengenai persiapan LKS di (internal) SMKN 6 Bandung.

“Kita sudah persiapan dari sebulan lalu. Persiapannya berkaitan dengan lomba dan siswa yang akan berlomba. Untuk siswa, ada yang kita latih langsung dan ada juga yang kita titipkan di industri. Siswa yang di industri khususnya untuk lomba Automobile Technology. Mereka dititipkan di Astra 2000 selama lima hari untuk mendapatkan ilmu tambahan,” ujar Asep.

SMKN 6 Bandung mengirimkan tiga orang peserta dalam tiga mata lomba. Pertama pada lomba PDE (Plastich Die Engineering), Electrical Installations dan lomba Automobile Technology.

“Ini bukan pertama kalinya SMK 6 menjadi tuan rumah. Momen-momen besar bisa dibilang cukup sering di sekolah kami. Seperti untuk tingkat nasional sebelum-sebelumnya, kepanitiaan dari kami,” kata Asep menambahkan.

Dirinya juga mengungkapkan bahwa dampak yang dirasakan siswa untuk selanjutnya ke dunia industri cukup berpengaruh dengan adanya lomba ini. Khususnya untuk yang menjadi juara, Asep mengatakan mereka mendapatkan nilai tambah di sekolah.

Seperti siswa tahun sebelumnya yang masuk LKS SMK tingkat nasional, diserap langsung oleh industri. Industri menerima mereka yang memiliki talenta di sekolahnya dengan tanpa tes, atau langsung diterima bekerja. [SR]***

Sumber berita :

  • https://majalahsora.com/lks-smk-tingkat-jawa-barat-tahun-2023-dibuka-oleh-wahyu-kadisdik-di-smkn-6-kota-bandung/