Rabu, 17 April 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UMJ Juara Kompetisi Public Speaking

Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UMJ Juara Kompetisi Public Speaking

Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UMJ, Achmad Rayhan menyabet Juara 2 Public Speaking Fest 2023, Sabtu (20/05/2023). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Telkom University Bandung, mempertemukan puluhan peserta dari berbagai perguruan tinggi.

Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UMJ mengirimkan dua mahasiswa terbaiknya untuk mengikuti kompetisi public speaking tersebut. Selain Rayhan, tercatat Allana Haura Redhita juga berhasil sampai pada tahap final. Keduanya lolos ke tahap final setelah menyingkirkan 13 peserta lainnya.

Sebagai finalis dalam kompetisi, keduanya mendapatkan keistimewaan yaitu mengikuti Speech Camp bersama public speaker dari Llyod Luna School of Keynote Speaking, Filipina, sebelum kembali berkompetisi pada tahap final. Selama kurang lebih tiga jam, para finalis yang berjumlah tujuh orang tampak antusias mengikuti pembekalan.

Seluruh peserta unjuk penampilan di depan para juri yang merupakan pakar public speaking dari Filipina, yaitu Lloyd Luna, RSP, Lora Diana, CPS, Sharmaine A. Cabardo, Karlo Hain, CPS, Floribel Ravis, CPS, dan Jesse Rebustillo, RSP. Tidak hanya sekadar unjuk penampilan, seluruh peserta juga mendapatkan evaluasi yang sangat berharga untuk pengembangan kemampuan public speaking dari para juri.

Rayhan yang mengaku senang dan bangga karena mendapatkan pengalaman dan ilmu yang sangat berharga dari pakar public speaking internasional. Ia merasa semangatnya terpacu karena mendapat ilmu dan respon saat kompetisi baik dari para juri.

“Di sana juga ada speech camp dan banyak banget ilmu terkait teknik public speaking yang diajarkan mulai dari eye contact, cara jalan, postur tubuh dan paling penting public speaking dengan hati,” ungkap Rayhan diiringi senyuman. Prestasi Rayhan tidak lepas dari dukungan dosen dan Ketua Prodi Ilkom. Ia mengaku sangat diberikan dukungan dan kepercayaan untuk mengikuti kompetisi tersebut.

Pemenang Public Speaking Competition bersama para juri seusai kompetisi di Telkom University, Bandung, Sabtu (20/05/2023).

“Kami selaku dosen Prodi Ilmu Komunikasi sangat bangga memiliki mahasiswa yang bertalenta. Semoga Rayhan dan Allana ini bisa jadi contoh bagi teman-teman mahasiswa lainnya,” ungkap Istisari Bulan Lageni, S. Sos, M.I.Kom., dosen pembimbing Rayhan dan Allana, saat dimintai keterangan, Minggu (21/05/2023).

Ungkapan bangga juga datang dari Ketua Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UMJ Dr. Oktaviana Purnamasari, M.Si., saat dimintai keterangan melalui pesan singkat, Minggu (21/05/2023). Okta mengatakan hadirnya pakar public speaking dari Filipina akan menambah pengalaman mahasiswa.

“Prestasi mahasiswa Ilkom UMJ ini membanggakan karena juri merupakan para pakar public speaking dari Filipina. Kami sangat mendukung mahasiswa untuk mengikuti berbagai lomba, baik di level nasional maupun internasional. Harapannya mahasiswa mendapatkan pengalaman berharga untuk mengasah potensi diri, berjejaring serta menambah wawasan baru yang relevan di bidang Ilmu Komunikasi,” pungkas Okta.

Editor : Tria Patrianti