Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Kenali Mata Kuliah Manajemen Produk dan Strategi Merek: Fungsi, Tujuan, dan Manfaatnya!

Kenali Mata Kuliah Manajemen Produk dan Strategi Merek: Fungsi, Tujuan, dan Manfaatnya!

Tahukah kamu? Salah satu persyaratan agar Indonesia dapat menjadi negara maju pada tahun 2045 adalah meningkatnya jumlah pengusaha atau wirausaha. Jika Indonesia ingin mencapai status negara maju, rasio entrepreneur minimal harus mencapai 4 persen dari total populasi penduduk. Namun, pada tahun 2023 ini, Indonesia baru mencapai rasio kewirausahaan sebesar 3,47 persen. Oleh karena itu, Pemerintah Indonesia menekankan peran perguruan tinggi dalam menyiapkan generasi muda menjadi entrepreneur dan meningkatkan rasio kewirausahaan di dalam negeri. 

Universitas Pelita Harapan (UPH) merupakan sebuah universitas swasta yang telah berhasil melahirkan banyak entrepreneur dan profesional sukses, salah satunya melalui Program Studi (Prodi) Manajemen. Prodi Manajemen di UPH menggunakan kurikulum yang disusun secara khusus untuk memastikan para lulusannya siap untuk mencapai kesuksesan dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.  

Salah satu mata kuliah yang penting dan relevan bagi karier mereka di masa depan adalah Manajemen Produk dan Strategi Merek. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan dikembangkan baik dari sisi hard skills maupun soft skills, sehingga dapat sukses dalam menjalankan bisnis, baik sebagai entrepreneur maupun profesional. 

Apa saja manfaat mempelajari Manajemen Produk dan Strategi Merek bagi mahasiswa? 

  1. Mengembangkan kreativitas dan kepemimpinan 

Manajemen produk dan strategi merek membutuhkan kreativitas dalam menciptakan produk atau merek yang menarik sehingga strategi pemasaran yang dikembangkan menjadi lebih efektif. Belajar manajemen produk dan strategi merek akan membantu mahasiswa mengembangkan kreativitas dan mempelajari teknik-teknik kreatif dalam mengembangkan produk atau merek serta strategi pemasaran. 

  1. Memahami industri 

Dengan mempelajari manajemen produk dan strategi merek, mahasiswa dapat memahami industri  pasar yang disasar. Mahasiswa akan mempelajari tren industri, perilaku konsumen, dan strategi pemasaran yang digunakan oleh perusahaan dalam industri tersebut. 

2. Mengembangkan kemampuan berpikir strategis dan kritis 

Manajemen produk dan strategi merek membutuhkan kemampuan berpikir strategis untuk menciptakan dan mengembangkan suatu produk atau merek Belajar manajemen produk dan strategi merek akan membantu mahasiswa mengembangkan pemikiran strategis dan kritis untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan minat konsumen, serta sesuai dengan  tren pasar.  

3. Meningkatkan keterampilan analisa 

Mahasiswa akan dilatih untuk melakukan analisa pasar dan konsumen, melakukan evaluasi produk dan strategi merek, dan mengembangkan ide-ide kreatif. Berbekal keterampilan tersebut, para mahasiswa juga akan memiliki modal untuk melahirkan strategi pemasaran. Hal ini akan mendorong mereka untuk membuat suatu bisnis atau usaha yang menarik dan dibutuhkan konsumen. 

 

Sasaran pembelajaran apa yang diharapkan? 

Ada beberapa sasaran atau capaian pembelajaran yang diharapkan melalui mata kuliah Manajemen Produk dan Strategi Merek, di antaranya adalah: 

  1. Memahami konsep dasar produk dan merek

Mahasiswa diharapkan memahami konsep dasar dalam pengembangan produk dan merek, seperti analisis pasar, strategi diferensiasi, manajemen kualitas, dan identitas merek. 

  1. Mampu mengembangkan produk dan merek yang sukses

Mahasiswa dapat mengembangkan produk dan merek yang menarik dan inovatif bagi konsumen. Hal ini melibatkan keterampilan dalam mengidentifikasi kebutuhan pasar, menciptakan konsep produk dan merek, serta mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. 

  1. Mampu menggunakan teknologi dalam manajemen produk dan merek

Mahasiswa diharapkan dapat menggunakan teknologi modern dalam manajemen produk dan merek. Hal ini melibatkan keterampilan dalam menggunakan alat-alat pemasaran digital, analisis data, dan teknologi lainnya untuk meningkatkan efektivitas strategi pemasaran dan manajemen produk dan merek. 

Dengan mencapai sasaran atau capaian pembelajaran di atas, mahasiswa akan siap untuk memulai karier di bidang pemasaran atau untuk memulai bisnis mereka sendiri di masa depan. 

“Mata kuliah Manajemen Produk dan Strategi Merek sangat penting dalam dunia karier atau profesional karena banyak perusahaan yang membutuhkan ahli dalam bidang ini untuk membantu mereka mengembangkan dan memasarkan produk dan merek dengan efektif. Manajemen produk dan merek juga berkaitan dengan inovasi sebuah produk, bukan hanya mengganti produknya,” jelas Ir. Dewi Sri Surya Wuisan, M.M, dosen Manajemen  UPH. 

Menurutnya, salah satu contoh strategi produk yang berhasil adalah McDonald’s yang bekerja sama melakukan kolaborasi dengan boyband BTS asal Korea Selatan. Melalui kolaborasi itu, omzet penjualan McDonald’s pada saat itu meningkat drastis. Contoh lainnya adalah IPhone yang saat ini sudah sampai versi ke 14 dan terus berinovasi menyesuaikan tren dan teknologi yang ada  

Percayakan studi Manajemen UPH! 

Untuk calon mahasiswa yang tertarik mempelajari manajemen produk dan strategi merek, percayakan rencana studi kamu di jurusan Manajemen UPH. Selain memberikan pemahaman yang komprehensif tentang konsep dan praktik manajemen produk dan merek, UPH juga menawarkan banyak peluang untuk mempraktikkan pengetahuan yang kamu dapatkan melalui program magang dan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan terkemuka di Indonesia. Selain itu, belajar tentang manajemen produk dan strategi merek di UPH juga akan memberikan keunggulan bagi kamu di masa depan, terutama dalam mempersiapkan diri untuk menjadi entrepreneur sukses dan membangun merek yang kuat. 

Berikut beberapa keunggulan mempelajari mata kuliah ini di UPH!  

  1. Kualitas pendidikan dan dosen pengajar yang kompeten 

UPH merupakan perguruan tinggi yang telah terakreditasi dengan baik dan memiliki reputasi yang baik dalam bidang manajemen. Dosen yang mengajar mata kuliah Manajemen Produk dan Strategi Merek di UPH merupakan tenaga pengajar yang berpengalaman dan berkualitas. Salah satunya Ibu Ir. Dewi Surya  Wuisan yang telah memiliki pengalaman mengajar dari tahun 2003 dan pernah mendapatkan Best Paper awards di ajang International Conference on Global Innovation and Trend in Economy 2020. 

  1. Materi yang lengkap

Mata kuliah Manajemen Produk dan Strategi Merek di UPH memiliki materi yang lengkap dan up to date, mencakup semua aspek penting dari manajemen produk dan strategi merek, termasuk penelitian pasar, perencanaan produk, pengembangan merek, dan strategi pemasaran. 

  1. Metode pengajaran yang interaktif

Pengajaran pada mata kuliah ini dilakukan secara interaktif, dengan menggunakan metode pembelajaran yang variatif, seperti diskusi, studi kasus, presentasi, dan tugas terstruktur. Hal ini akan membantu mahasiswa untuk memahami konsep-konsep yang diajarkan secara lebih baik. 

  1. Praktik langsung

Selain teori, mahasiswa juga akan dilibatkan dalam kegiatan praktik langsung seperti melakukan penelitian pasar, mengembangkan produk, dan merancang strategi pemasaran untuk merek tertentu. Hal ini akan memberikan pengalaman nyata bagi mahasiswa dan membantu mereka mempersiapkan diri untuk berkarier di industri. 

Mempelajari Manajemen Produk dan Strategi Merek memiliki manfaat yang besar bagi mahasiswa jurusan Manajemen untuk mengembangkan keterampilan, mempersiapkan karier, dan memulai bisnis. Mahasiswa yang belajar manajemen produk dan strategi merek akan mengembangkan kreativitas, memahami industri dan pasar, serta mengembangkan pemikiran strategis. Mahasiswa akan siap memulai karier di bidang pemasaran atau memulai bisnis sendiri.  

Bagi kamu yang berminat di bidang ini, jangan ragu untuk melanjutkan rencana studimu bersama UPH! UPH senantiasa mendukung dan berkomitmen untuk melahirkan calon pebisnis dan profesional yang berkompetensi, unggul, dan berintegritas. Di UPH, mahasiswa dipersiapkan untuk menjadi “The Great Achiever”. 

Info lebih lanjut, hubungi Student Consultant di nomor 0811-1709-901 atau klik di sini untuk informasi selengkapnya!