Kamis, 28 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Semarakan Dies Natalis Ke-41, FH UNIB Gelar Seminar Nasional dan Internasional

<strong>Semarakan Dies Natalis Ke-41, FH UNIB Gelar Seminar Nasional dan Internasional</strong>

UNIVERSITAS Bengkulu berdiri 24 April 1982, hingga 24 April 2023 UNIB telah berusia 41 tahun. Untuk memeriahkan peringatan hari jadinya itu, sepanjang bulan April setiap tahun biasanya UNIB menyelenggarakan berbagai kegiatan, baik kegiatan bernuansa akademik, hiburan dan perlombaan serta pengabdian masyarakat dan bakti sosial.

Namun karena pada April 2023 lalu bertepatan dengan bulan Suci Ramadhan dan banyak hari libur cuti bersama dalam rangka Idul Fitri, maka berbagai kegiatan untuk menyemarakan dies natalis ke-41 UNIB dilaksanakan sepanjang bulan Mei ini dan puncaknya akan dilaksanakan pada 25 Mei dan 27 Mei 2023.

Pada 25 Mei akan digelar Rapat Terbuka Senat dan Orasi Ilmiah, kemudian pada 27 Mei akan dihelat kegiatan jalan santai, bakti sosial bazaar dan pameran produk UKM mahasiswa, serta kegiatan bernuansa hiburan seperti lomba memasak.

Konferensi internasional secara daring via zoom kolaborasi FH UNIB dan Thaksin Universit Thailand.(ist)

Kegiatan bernuansa akademik untuk menyemarakan dies natalis ke-41 UNIB tidak hanya dilaksanakan pada tingkat universitas, tapi juga di laksanakan pada tingkat fakultas. Seperti di Fakultas Hukum, setidaknya dalam tiga minggu terakhir secara berturut-turut telah dilangsungkan seminar nasional dan internasional bertajuk hukum dalam berbagai bidang kajian.

Dimulai tanggal 5 Mei lalu, Fakultas Hukum UNIB sukses menggelar seminar dengan tema “Arah Baru Penegakan Konstitusi dan Demokrasi di Tengah Instabilitas Global” dengan menghadirkan salah satu dari Sembilan Hakim Konstitusi di Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia Dr. Suhartoyo, S.H, M.H dan Dosen Senior FH UNIB Dr. Ardilafiza, S.H, M.Hum sebagai pemateri. Kegiatan ini disambut antusias tidak hanya oleh ratusan mahasiswa, tapi juga diikuti langsung oleh Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah, MMA dan Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri, S.E, M.Sc.

Suasana kuliah umum Hakim Konstitusi MK RI Dr. Suhartoyo di FH UNIB.(foto:hms1)

Berikutnya, pada Senin, 8 Mei 2023, Bagian Hukum Tata Negara, Hukum Administrasi Negara dan Hukum Internasional (HTN/HAN/HI) juga menyelenggarakan seminar dengan bahasan tentang hukum kepegawaian. Pada kesempatan ini, dua pemateri yaitu Prof. Dr. Sukamto Satoto, S.H, M.H dari Fakultas Hukum Universitas Jambi dan Jonny Simamora S.H, M.Hum sebagai Dosen Senior di FH UNIB telah mengupas berbagai aspek hukum kepegawaian sehingga seminar dengan tema “Model Lelang Jabatan Sebagai Instrumen Rekrutmen Pengisian Jabatan Struktural dalam Hukum Kepegawaian Indonesia” mendapat perhatian dan diikuti secara antusias oleh puluhan mahasiswa.

Tak hanya seminar nasional, tapi seminar internasional juga dihelat oleh Bagian HTN/HAN/HI FH UNIB untuk menyemarakan dies natalis UNIB khususnya bidang kegiatan akademik. Buktinya, pada 10 Mei lalu, berkolaborasi dengan Thaksin University – Thailand, FH UNIB sukses menyelenggarakan konferensi internasional dengan bahasan hukum laut. Meskipun dilaksanakan secara daring via aplikasi Zoom Meeting, konferensi internasional yang dipandu Dosen FH UNIB Dr. Ema Septaria, S.H, M.H ini telah memberikan warna tersendiri bagi perkembangan akademik atmosfer di UNIB yang kini berusia 41 tahun.

Prof. Hikmahanto ketika menjadi pemateri pada seminar di FH UNIB.(foto:andrian).

Semua kegiatan seminar tentang hukum tersebut dilaksanakan terpusat di ruang Internasional I Gedung Lab Mout Court Dekanat Fakultas Hukum UNIB. Teranyar, pada Rabu (17/5/2023), Bagian HTN/HAN/HI FH UNIB juga sukses menggelar seminar bertajuk Perkembangan Hukum Laut Internasional dan Isu Kontemporer mengenai Proposal INDO-PASIFIC : Meneropong Peran Indonesia Sebagai Ketua ASEAN Tahun 2023.

Pemaparan materi oleh dua pakar hukum laut dan hukum internasional yaitu Prof. Hikmahanto, S.H, LLM, Ph.D dan Dr. Ema Septaria, S.H, M.H pada seminar ini, tidak hanya disambut antusias dan menarik perhatian ratusan mahasiswa dan dosen-dosen FH UNIB sendiri, tapi juga menarik perhatian dan diikuti secara seksama oleh beberapa praktisi dan akademisi dari luar FH UNIB seperti AKBP. Hadi Joko Susilo (Kasubdit Patroli POLAIRUD Baharkam Polri), Dr. Fahmi Arisandi S.H, M.Hum dan Dr.J.T Pareke (Universitas Muhammadiyah Bengkulu).

Prof. Hikmahanto menerima cindera mata dan swafoto bersama dengan peserta seminar.(foto:andrian).

Dekan Fakultas Hukum UNIB, Dr. Amancik, S.H, M.Hum dalam sambutannya mengatakan, seminar tentang hukum dengan beberapa aspek kajian yang diselenggarakan FH UNIB dalam tiga minggu terakhir ini adalah untuk menyemarakan dies natalis ke-41 UNIB. Disamping itu, seminar-seminar ini juga bertujuan meningkatkan atmosfer akademik, serta memberikan wadah pengkayaan ilmu pengetahuan dan pengalaman bagi para mahasiswa dan dosen.

“Apalagi ketika kita membahas hukum laut, tentu tidak terlepas dengan bahasan tentang konsep negara kepulauan (archipelagic state) yang diatur dalam konvensi PBB yang kita kenal dengan United Nations Convention on The Law of the Sea (UNCLOS). Terbentuknya UNCLOS pada tahun 1982, sama dengan tahun berdirinya UNIB yaitu 24 April 1982. Jadi, seminar tentang hukum laut ini sangatlah relevan sebagai agenda untuk memeriahkan dies natalis ke-41 UNIB,” ujar Dr. Amancik, seraya menyerukan Viva academia viva professors !! [Laporan : Andrian. Penulis/Editor : Purna Herawan/Humas].