Kamis, 28 Maret 2024
Sekolah Menengah Atas

PEMILIHAN DUTA SEKOLAH DAN PUTRA PUTRI JAWA DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI PENDIDIKAN NASIONAL TAHUN 2023

PEMILIHAN DUTA SEKOLAH DAN PUTRA PUTRI JAWA DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI PENDIDIKAN NASIONAL TAHUN 2023

Madiun, Tim Humas Smasa – Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas diperingati setiap 2 Mei di setiap tahunnya. Hardiknas ini menjadi penanda betapa pentingnya peran Pendidikan bagi pembangunan Bangsa Indonesia. Sejarah Hari Pendidikan Nasional tidak lepas dari sosok pahlawan Bangsa Indonesia yang begitu berjasa dalam menanamkan dasar-dasar Pendidikan yaitu R.M. Suwardi Suryadingrat atau lebih dikenal dengan Ki Hajar Dewantara. Atas jasa-jasa beliau dalam merintis dan memperjuangkan pendidikan umum, maka beliau dinyatakan sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia dan hari kelahiran beliau dijadikan Hari Pendidikan Nasional. Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2023 ini diwujudkan dalam berbagai bentuk kegiatan yang dikemas dengan tema “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”. SMA Negeri 1 Madiun juga turut merayakan Hari Pendidikan Nasional dengan berbagai kegiatan, salah satunya adalah Pemilihan Duta Sekolah dan Putra Putri Jawa serta lomba Outfit of the Day (OOTD) yang bertema batik dan pakaian adat nusantara.

 

Pemilihan Duta Sekolah dan Putra Putri Jawa SMA Negeri 1 Madiun merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Hal ini bertujuan untuk memilih perwakilan siswa yang akan menjadi representasi sekolah dalam berbagai kegiatan baik di tingkat kabupaten, provinsi, bahkan nasional. Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswa kelas X dan XI yang memenuhi kriteria tertentu, seperti memiliki prestasi akademik yang baik, memiliki kepribadian yang baik, dan aktif dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Tema pemilihan Duta Sekolah dan Putra Putri Jawa tahun 2023 ini adalah “Blooming Roses” yang artinya mawar mekar, hal ini berarti bahwa dengan terpilihnya Duta Sekolah dan Putra Putri Jawa tersebut maka menandakan munculnya generasi baru yang semakin indah dan membanggakan.

 

Proses pemilihan Duta Sekolah dan Putra Putri Jawa SMA Negeri 1 Madiun ini dimulai dari tahap pendaftaran. Siswa-siswi yang memenuhi kriteria dapat mendaftar sebagai calon Duta Sekolah dan Putra Putri Jawa. Setelah itu, mereka akan mengikuti serangkaian tahapan seleksi, seperti tes wawancara, tes kepribadian, tes bakat, dan lain sebagainya. Tahapan seleksi dilakukan dengan tujuan untuk menyeleksi siswa-siswi terbaik yang dapat mewakili sekolah dalam berbagai kegiatan.

Setelah melalui tahapan seleksi, beberapa siswa terbaik akan dipilih sebagai finalis dan akan mempresentasikan diri di depan dewan juri, guru, dan seluruh siswa SMA Negeri 1 Madiun. Guru yang ditunjuk sebagai dewan juri akan memberikan penilaiannya untuk memilih perwakilan terbaik dari Duta Sekolah dan Putra Putri Jawa SMA Negeri 1 Madiun.

 

Berdasarkan hasil penjurian, maka yang berhak menjadi Duta Sekolah untuk perwakilan SMA Negeri 1 Madiun ialah sebagai berikut :

  1. Duta Kesehatan Putra, yaitu Farrel Opheliazaki Firdaus
  2. Duta Kesehatan Putri, yaitu Gabriella Tisya Dyah Wardani
  3. Duta Bahasa Inggris Putra, yaitu Ridhar Rahman
  4. Duta Bahasa Inggris Putri, yaitu Davina Fatya Ramadhina
  5. Duta Remaja Putra, yaitu Putra Ramadhan
  6. Duta Remaja Putri, yaitu Elnadia Farissa Soebianto Putri
  7. Duta Lingkungan Putra, yaitu Bagus Aditya Chandra
  8. Duta Lingkungan Putri, yaitu Yovial Deby Kurniawati

Sedangkan yang menjadi Putra Putri Jawa SMA Negeri 1 Madiun ialah sebagai berikut :

  1. Juara I Putra Jawa, yaitu Teuku Yudha Putranto
  2. Juara I Putri Jawa, yaitu Dyah Ayu Kusumaningtyas
  3. Juara II Putra Jawa, yaitu Nabil Ekri Rasfadhilah
  4. Juara II Putri Jawa, yaitu Angela Sherlyn Aprilia
  5. Juara III Putra Jawa, yaitu Benediktus Michael Sumapode
  6. Juara III Putri Jawa, yaitu Lupita Diah Ayu Tarissa

Selamat untuk Duta Sekolah dan Putra Putri Jawa yang terpilih

 Duta Sekolah dan Putra Putri Jawa ini diharapkan menjadi pribadi yang kuat dan tangguh dalam menapaki jalan kesuksesan serta berani mengambil langkah besar demi mencapai sebuah kesuksesan dalam mewakili sekolah.

Seluruh warga sekolah diharapkan dapat bersama-sama membangun makna akan pentingnya pendidikan melalui kegiatan pemilihan Duta Sekolah dan Putra Putri Jawa dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional tersebut. Siswa-siswi SMA Negeri 1 Madiun dapat belajar tentang pentingnya memiliki kepribadian yang baik, aktif dalam berbagai kegiatan, dan memiliki program kerja yang dapat bermanfaat bagi sekolah dan masyarakat sekitar.