Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Dies Natalis UNTAN Pontianak ke-64, Sutarmidji Ajak Mahasiswa Bekerja dengan Data

Dies Natalis UNTAN Pontianak ke-64, Sutarmidji Ajak Mahasiswa Bekerja dengan Data

Gubernur Kalbar, Sutarmidji menghadiri Dies Natalis Universitas Tanjungpura Pontianak ke-64 di Auditorium Universitas Tanjungpura Pontianak, Senin (22/05/2023).

Dalam sambutannya ia menjelaskan, Indeks Daya Saing Daerah Berkelanjutan (IDSDB) yang merupakan 4 pilar yakni pilar lingkungan lestari, ekonomi berkelanjutan, inklusi sosial, serta tata kelola berkelanjutan.Inovasi dihasilkan dari sudut pandang berdasarkan data, sebelum memutuskan suatu kesimpulan atau mengambil kebijakan.

Ditegaskan Gubernur Kalbar Sutarmidji bahwasannya mahasiswa yang nantinya menjadi generasi penerus kepemimpinan harus terbiasa dengan pola fikir inovasi.

Sutarmidji meminta para mahasiswa untuk tidak menilai sesuatu dari sudut pandang politis. Menurut dia, sudut pandang politik selalu tidak objektif.

“Nilai berdasarkan data. Begitu juga dengan bekerja harus ada data” kata Sutarmidji saat rapat terbuka Senat Untan dalam rangka Dies Natalis ke 64 tahun, Senin (22/05/2023).

Dia menegaskan kepada para Mahaswa agar membiasakan diri bekerja dengan data. Sutarmidji menyebut, capaian kinerja Provinsi Kalbar saat, selalu berdasarkan data, sehingga kebijakan dan program kerja dapat berjalan sesuai kebutukan masyarakat.

“Program kerja yang kita buat itu berdasarkan data. Kalau tidak ada data, gimana mau kerja,” ujar Sutarmidji.

Selain itu, keberdaan UNTAN kata Sutarmidji, sangat membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapii Kalbar melalui penelitian yang dilakukan para Akdemika dan Civitas.

“Saya selalu melibatkan Untan dalam pembangunan. Penelitian yang dilakukan menentukan kebijakan,” kata Sutarmidji.

Dari data hasil penelirian yang dilakukan Civitas Untan, dapat ditarik kesimputan dalam membuat berbagai program pembangunan.

“Data yang di perlukan. Kalau tidak ada penelitian, gimana bisa bisa kerja,” tukas Sutarmidji.

“Saya sebagai ketua alumni, ingin menunjukan alumni-alumni Untan tidak kalah dalam tata kelola apapun,” harapnya.

Bang Midji menjelaskan, keterkaitan data dan aturan sebagai indikator ukur dari satu penilaian menjadi dasar untuk mengambil langkah demi kemajuan suatu daerah. Dengan itu, capaian dan target dapat berjalan dan mendapatkan hasil yang baik.

“Bekerja harus dengan indikator yang telah ditetapkan, bekerja harus dengan aturan yang telah ditetapkan. Dan tak lupa dengan data yang valid. Kebanyakan kita tahu indikator tapi implementasinya tidak nyambung dengan indikator penilaian, itu yang menyebabkan suatu capaian tidak akan baik,” ujar Sutarmidji.

“Biasakan adik-adik mahasiswa bekerja dengan data, kalian baru bisa berkompetisi dengan baik, memenangkan kompetisi kalau bisa harus menguasai data,” ungkapnya.

Sementara itu, Rektor UNTAN, Prof. Dr. Garuda Wiko, SH.,M.menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Kalbar, Forkopimda Kalbar, Mitra Strategis UNTAN, dan Pimpinan serta civitas akademika UNTAN yang telahberkontribusi dalam mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, sehingga UNTAN dapat meraih berbagai capaian, baik berupa pemeringkatan maupun prestasi dan penghargaan di tingkat nasional maupun Internasional, baik Penilaian terhadap Institusi maupun Prestasi Mahasiwa.

“Pada pemeringkatan Simkatmawa, Sinta, Klasterisasi Kemdikbudristek, Scopus, Webometrik, 4ICU/Unirank dan Edurank, Untan berada di peringakat 20 sampai dengan 83. Capaian lain diantaranya adalah penghargaan pada ajang Anugerah Keterbukaan Publik tahun 2022 sebagai Perguruan Tinggi berpredikat Informatif “,ungkap Prof Garuda Wiko.

Berbagai capaian juga diraih yaitu Anugerah Diktiristek Silver Winner Pelaksana PPKM Terbaik; Terbaik III Anugerah Pembelajaran dan Kemahasiswaan; Penerima PPKM Award Katagori Laboratorium dengan Surveilans Genetik dan Katagori Laboratorium dengan Performa Pemeriksaan Covid 19 Terbaik di Kalimantan.

Untuk Incubator Bisnis, Pusat Pengembangan Inovasi dan Inkubator Bisnis Teknologi LP2M Untan meraih Penghargaan Katagori Top Challenger Incubator Asia Pacific dari UBI Global Swedia tahun 2023. Kabar terbaru dari prestasi mahasiwa adalah Mahasiswa Fisip Untan Maharani Ashri Wahyuningtyas menyumbangkan Medali Perunggu cabang Triathlon Sea Games Cambodia 2023, serta berbagai capaian mahasiswa lainnya.

Prof Garuda Wiko juga menyampaikan Terima kasih kepada keluarga pendiri dan para pimpinan pendahulu yang telah memberikan dedikasi terbaik untuk kemajuan UNTAN.

“Akhirnya, harapan ke depan, seluruh pemangku kepentingan dapat menjadikan Untan sebagai Rumah Besar Bersama dalam bersinergi dan mengembangkan inovasi untuk keunggulan Kalimantan Barat dan Indonesia”tutupnya.